BERITA

Bondowoso Kembali Lampaui Target Produksi Beras

Bondowoso Kembali Lampaui Target Produksi Beras

KBR, Bondowoso – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur kembali melampaui target produksi beras yang ditetapkan pada awal tahun 2015. Hal ini akan semakin mengukuhkan peluang Bondowoso sebagai lumbung pangan nasional.

Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pertanian, Sigit Dwi Wahyu mengatakan, dari target tanam seluas 70.265 hektar pada awal tahun, berhasil terlampaui seluas 70.793 atau naik sekitar 500 hektar. Sehingga secara langsung juga berdampak pada naiknya hasil produksi padi di Bondowoso periode Oktober 2014 hingga September 2015 yang mencapai 378.993 ton gabah kering giling (gkg) atau 239.523 ton beras.

“Angka ini sudah melampaui target yang ditentukan. Ada penambahan 500 hektar dari target tanam kita. Ini masih ada sisa 3 bulan masa panen jadi masih akan naik produksi. Kalau dikonversi prouksi kita sudah mencapai 378.993 ton gabah kering giling (gkg) atau 239.523 ton beras,” kata Sigit Dwi Wahyu kepada KBR, Jumat (16/10/2015).

Sigit menambahkan, target awal produktivitas lahan di Bondowoso hanyalah 60,23 kwintal per hektar. Namun target tersebut berhasil dilampai menjadi 61 kwintal per hektar. Padahal kebutuhan konsumsi beras di Bondowoso hanya sekitar 59 ribu ton beras pertahun. Ini berarti tahun ini Bondowoso akan kembali surplus beras.


Editor : Sasmito Madrim

  • pertanian bondowoso
  • surplus beras nasional
  • Pemkab Bondowoso
  • panen padi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!