Bagikan:

40 Ribu ha Kawasan TN Tanjung Puting Hangus, Api Diduga dari Kebun Sawit

Kebakaran hebat menghanguskan 40 ribu hektare lahan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP),

BERITA | NUSANTARA

Senin, 26 Okt 2015 18:36 WIB

Author

Alex Gunawan

40 Ribu ha Kawasan TN Tanjung Puting Hangus, Api Diduga dari Kebun Sawit

Kebakaran di Taman Nasional Tanjung Puting. Foto: KBR/Alex Gunawan

KBR, Pangkalan Bun- Kebakaran hebat telah menghanguskan 40 ribu hektare lahan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.  Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Tanjung Puting Wilayah III Ikhsan Kamil mengatakan api diduga berasal dari areal perkebunan kelapa sawit yang berbatasan langsung dengan rumah Orangutan Kalimantan itu.

"Itu diduga berasal dari areal konsesi (HGU) perusahaan sawit, mungkin setelah pemadaman ini, rencana kita akan investigasi ke sana untuk mengetahui sumber api," kata Ikhsan, Senin (26/10/2015).

Saat ini, kata Ikhsan, tim Balai TNTP dibantu aparat TNI, Manggala Agni, BPBD Kobar dan sejumlah relawan dari OFI, OF-UK dan para pelaku usaha pariwisata masih berupaya memadamkan api. 

Beberapa kawasan yang terbakar antara lain Resort Sungai Buluh Besar dan Sungai Buluh Kecil, Kabupaten Kobar. Kemudian Resort Sungai Perlu, Sungai Rengas dan Pembuang Hulu yang masuk Kabupaten Seruyan. Berdasarkan pantauan di lapangan, kebakaran di kawasan tersebut sudah mulai bisa dikendalikan oleh petugas. 

Editor: Malika

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending