Sikka NTT Kerahkan Seribu Laskar Jentik Berantas Malaria

Pemerintah kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur menyiapkan 1000 laskar jentik untuk memberantas malaria.

NUSANTARA

Minggu, 26 Okt 2014 14:58 WIB

Author

Silver Sega

Sikka NTT Kerahkan Seribu Laskar Jentik Berantas Malaria

kesehatan, malaria, jentik nyamuk

KBR, NTT- Pemerintah kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur menyiapkan 1000 laskar jentik untuk memberantas malaria. 


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Maria BS Nenu mengatakan, hampir 130 desa kelurahan dari 160 desa kelurahan di wilayahnya merupakan daerah endemis malaria. Dia mengatakan 1000 laskar jentik itu terdiri dari anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Sikka.

"Laskar jentik ini mereka terbentuknya sudah mulai dari akhir tahun 2013. Jadi itu anak sd dilatih di kabupaten sikka. Sampa Juli kemarin itu ada 40 sekolah, masing-masing sekolah 25 anak SD dilatih bagaimana cara mencari jentik. Mereka juga sudah akhirnya membedakan mana sih jenitk nyamuk anopeles, mana jentik nyamuk aides. Mereka dilengkapi dengan peralatan," kata Maria BS Nenu di Maumere, Minggu (26/10).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Maria BS Nenu menambahkan, 1000 laskar jentik dilantik menteri kesehatan RI.


Menurut Maria BS Nenu, di kabupaten Sikka angka bebas jentik masih tinggi. Angka Bebas Jentik di Sikka masih 27,4. Padahal standarnya harus kurang dari satu. Dia mengatakan, NTT merupakan salah satu dari provinsi yang harus eliminasi malaria di tahun 2030.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN