Polisi dan Tentara Jaga Ketat Tempat Pelantikan Jokowi

Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin (20/10) pagi ini, belum ada pengalihan arus atau penutupan jalan. Namun, pantauan Portalkbr di lapangan, aparat keamanan sudah berjaga-jaga di ring 3 dan ring 4 Ged

NUSANTARA

Senin, 20 Okt 2014 08:42 WIB

Author

Indra Nasution

Polisi dan Tentara Jaga Ketat Tempat Pelantikan Jokowi

Polisi, Tentara, Pelantikan Jokowi

KBR, Jakarta – Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin (20/10) pagi ini, belum ada pengalihan arus atau penutupan jalan. Namun, pantauan Portalkbr di lapangan, aparat keamanan sudah berjaga-jaga di ring 3 dan ring 4 Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Untuk mengamankan pelantikan, Polda Metro Jaya mengerahkan 24 ribu personel, dibantu personel dari 12 kepolisian daerah (polda) dari berbagai daerah masing-masing sebanyak 2.100 personel. Dua kompi Brimob juga diturunkan di lokasi. 

Selain dari kepolisian, pengamanan juga dibantu dari Kodam Jaya TNI sebanyak 4.400 personel. Pengamanan sistem berlapis ini diberlakukan 4 ring. Ring satu meliputi areal pelantikan yaitu di dalam Gedung Nusantara DPR yang berbentuk kubah mirip kura-kura yang akan diamankan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan polisi.

Sementara, ring dua tu disiagakan di halaman komplek gedung DPR/MPR dan ring tiga menuju akses masuk komplek DPR/MPR baik melalui depan maupun pintu belakang. Sementara ring empat berada di beberapa titik di sekitar gedung DPR/MPR. Untuk di ring tiga tepatnya di pintu masuk, penjagaan lebih ketat dengan menurunkan pasukan anjing dan pasukan berkuda.

Memasuki halaman gedung  DPR di ring dua pengamanan belum begitu ketat, namun ketika memasuki ring tiga penjagaan sangat ketat dengan menunjukkan tanda pengenal berupa undangan untuk mengikuti acara pelantikan. Namun ketika sudah memasuki halaman gedung, pengamanan lumayan longgar. Namun di ring satu akan kembali ketika memasuki gedung tempat pelantikan.

Acara pelantikan dimulai pukul 08.00 WIB tadi dengan registrasi. Sebelum pukul 10.00 WIB Jokowi diperkirakan akan beramah tamah dengan pemimpin DPR, Wakil Presiden Boediono, dan para undangan pemimpin negara tetangga. Kemudian nanti tepat pukul 10 pelantikan Jokowi menjadi presiden 2014-2019. Nanti pada pukul 12.30 WIB Jokowi langsung menuju Bundaran HI untuk mengikuti acara kirab budaya. Kemudian pada pukul 14.00-15.00 WIB Jokowi akan mengikuti rangkaian acara pelantikan di Istana.    

Editor: Anto Sidharta


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Menyoal Krisis Iklim di Mata Generasi Muda

Pakar Peringati Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Jika Kasus Covid-19 Meningkat