Pemkot Jayapura Canangkan Kota Layak Anak

Pemerintah Kota Jayapura mencanangkan daerahnya menjadi kota layak anak. Pencanangan ini dilakukan dengan membangun sejumlah fasilitas ruang terbuka dan bermain yang difokuskan untuk anak-anak.

NUSANTARA

Jumat, 10 Okt 2014 10:04 WIB

Author

Katarina Lita

Pemkot Jayapura Canangkan Kota Layak Anak

kota layak anak, jayapura, papua

KBR, Jayapura - Pemerintah Kota Jayapura mencanangkan daerahnya menjadi kota layak anak. Pencanangan ini dilakukan dengan membangun sejumlah fasilitas ruang terbuka dan bermain yang difokuskan untuk anak-anak.


Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengatakan kota layak anak bertujuan agar anak-anak yang lahir dan besar di Kota Jayapura mendapatkan kebebasan bermain sesuai dengan perkembangan usianya. Saat ini sudah ada tiga taman bermain yang disatukan dengan ruang terbuka yang terletak di pusat Kota Jayapura. 


Ketiga taman bermain itu adalah Taman Imbi dan Taman Mandiri yang berada tepat di pusat Kota Jayapura serta Taman Mesran yang berada di sekitar Pelabuhan Kota Jayapura. Sejumlah taman bermain itu dilengkapi dengan jaringan internet gratis yang diharapkan dapat memperkenalkan dunia anak lewat teknologi internet. 


“Dan juga kita terus melakukan kerjasama dengan LSM-LSM yang yang tergabung dalam kebangkitan anak. Daerah-daerah yang seperti Taman Imbi, itu akan kita taruh papan daerah kawasan bebas rokok, karena ini kan dipenuhi anak-anak yang bermain di situ,” kata Benhur. 


“Anak-anak bisa mandiri dan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak dengan pertumbuhan mereka, mereka bisa melihat alam dunia ini dengan baik, dengan kecanggihan teknologi ini,” tambahnya. 


Pembukaan taman bermain untuk anak-anak juga diminta oleh pemerintah setempat di salah satu kampung yakni Kampung Pulau Kosong, Distrik Jayapura Selatan yang terletak dekat pantai yang berpasir putih. 


Sementara itu, tahun ini Pemkot Jayapura sedang membangun taman bermain dan belajar di daerah Lembah Anafre, Ampera. Taman tersebut ditargetkan dapat berfungsi tahun 2016. Sejumlah taman bermain ini akan difokuskan terlebih dahulu di pusat kota, setelah itu taman dan ruang terbuka akan dibangun di daerah Abepura dan Waena. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun