Pembebasan Lahan untuk ITK Balikpapan Belum Rampung

KBR, Balikpapan - Pembangunan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) terhambat.

NUSANTARA

Minggu, 05 Okt 2014 15:49 WIB

Author

Teddy Rumengan

Pembebasan Lahan untuk ITK Balikpapan Belum Rampung

ITK, Kaltim, Teknologi, Kampus, Portalkbr

KBR, Balikpapan - Pembangunan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) terhambat. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan DAerah (Bapedda) Kota Balikpapan, Suryanto mengatakan terhambatnya pembangunan tersebut selain minimnya anggaran, pembebasan lahan untuk pembangunan juga mandek. Kata dia, Oktober 2014, baru sekitar 120 hektar lahan yang dibebaskan dari seluruhnya mencapai 300 hektar.

Meski demikian, pembangunan tahap pertama yakni pembangunan gedung akademik tiga lantai bernilai Rp 31 miliar yang dikerjakan PT. Nindya Karya tetap berjalan dam ditargetkan Desember rampung. "Lokasi tinggal masalah membebaskannya, kalau peruntukkan ruangnya sudah 300 hektar, yang sudah dibebaskan kalau kita hitung - hitung sampai dengan akhir 2014 ini mendekati angka 180 hektar, lebih kurang 60 persen, masih kurang 120 hektar yang belum dibebaskan," kata Suryanto, Minggu (5/10).

Suryanto berharap 2015 Pemerintah Pusat bisa menganggarkan sekitar Rp 500 miliar dari keseluruhan dana yang dibutuhkan yakni sekitar Rp 2 triliun, sehingga pembangunan Institut Teknologi Kalimantan bisa terus berlanjut. Institut Teknologi Kalimantan digadang-gadang akan memiliki sarana dan fasilitas pendidikkan terbaik di Indonesia, karena akan memiliki tujuh cluster (kelompok gedung) dengan lima fakultas dan 26 program studi.

Lima fakultas di Institut Teknologi Kalimantan yakni, Tekhnik Industri, Tekhnik Sipil dan Perencanaan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Tekhnologi Mineral serta Teknologi Pertanian. Saat ini sudah ada 100 mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan yang sementara di titipkan di Institut Tekhnologi Surabaya (ITS) menunggu rampungnya pembangunan fisik kampus.


Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Ada yang Tahu Sosok Alfred Russel Wallace?

Terkait Aksi Bom Bunuh Diri di Markas Polisi

Kabar Baru Jam 15

Pemprov Jatim Minta Masyarakat Waspadai Dugaan Penipuan Seleksi CPNS