Pagi Ini Warga Solo Bersiap Sambut Pelantikan Jokowi

Warga Surakarta, Jawa tengah, bersiap menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin (20/10).

NUSANTARA

Senin, 20 Okt 2014 08:13 WIB

Author

Yudha Satriawan

Pagi Ini Warga Solo Bersiap Sambut Pelantikan Jokowi

Warga Solo Bersiap, Pelantikan Jokowi

KBR, Surakarta – Warga Surakarta, Jawa tengah, bersiap menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin (20/10).

Momentum pelantikan ini sangat penting dan bersejarah bagi warga di Surakarta karena Jokowi berasal dari kota itu dan pernah memimpin Solo hingga dua periode.

Pantauan Portakkbr di lapangan, berbagai spanduk dan poster ucapan selamat untuk pelantikan jokowi marak terpasang di berbagai lokasi.

Warga pun bersiap untuk melangsungnya berbagai kegiatan. Misalnya pada pukul 08.00 WIB di SMAN 6 Surakarta, tempat Jokowi pernah menimba ilmu. Para alumni sekolah itu, khususnya seangkatan Jokowi akan menghadiri acara syukuran dengan menggelar acara "potong tupeng".

Doa dan syukur bersama juga digelar warga dan tokoh lintas agama dengan mengarak tujuh tumpeng. Mereka akan diiringi beberapa sarana transportasi yang melambungkan nama Jokowi seperti kereta uap wisata dan bis tingkat wisata.

Sementara, sore harinya, warga yang menamakan Pekerja Kreatif Solo (PKS) akan menggelar perhelatan di Pasar Antik Triwindu dengan mengusung tema “Solo Bersyukur, Salam Tiga Jari Presiden Jokowi”. Aca juga dilanjutkan dengan berbagai hiburan seperti pentas musik, parodi dan komedi dari pelawak di kota itu.

Berbagai acara nonton bareng (nobar) pelantikan Jokowi pun di berbagai lokasi seperti di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Balai Kota Surakarta dan pasar-pasar tradisional.

Jelang pelantikan hari ini, kemarin warga juga melakukan persiapan pelantikan Jokowi pada acara Car Free Day (CFD) pada Minggu siang (19/10) dengan membuat tumpengan. Pada malam harinya, juga ada acara tirakatan di Rumah Dinas Wali Kota Surakarta.

Sementara itu, menyambut pelantikan Jokowi, pelayanan publik Pemkot Surakarta tetap normal dan aktivitas pendidikan berjalan seperti biasanya.

Editor: Anto Sidharta


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Menyoal Krisis Iklim di Mata Generasi Muda

Pakar Peringati Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Jika Kasus Covid-19 Meningkat

Kabar Baru Jam 8