NUSANTARA

Kota Mataram Akan Sediakan Kereta Kuda Khusus Untuk Wisatawan

Kota Mataram Akan Sediakan Kereta Kuda Khusus Untuk Wisatawan

KBR, Mataram- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, NTB akan melakukan uji coba terhadap pengadaan kereta kuda atau cidomo pariwisata. Jumlah cidomo yang akan dijadikan uji coba tahun ini sebanyak enam unit. Sementara untuk pembuatan cidomo pariwisata tahun depan, Disbdupar Kota Mataram akan menganggarkan sekitar 100 juta.

Kepala Disbdupar Kota Mataram H Abdul Latief Najib mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat edaran kepada para kusir. Dia tegaskan kusir cidomo dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang pariwisata di Kota Mataram. Karena itu pihaknya akan melakukan pembinaan terlebih dahulu kepada para kusir cidomo.

“Paling tidak 50 sampai 100 juta lah kita anggarkan tahun 2015 ini. Kalau cidomo pariwisata ini kan lebih khusus. Kalau kudanya kan di masyarakat karena kan butuh perawatan kudanya. Sekarang untuk uji cobanya cidomo yang ada di masyarakat tetapi akan kita pilih dulu yang layak” kata Latief Sabtu (18/10)

Untuk pengoperasiannya, Disbudpar akan menata cidomo tersebut terutama pada kantong kotoran kuda. Pasalnya saat ini kantong kotoran kuda merupakan masalah yang belum bisa ditangani secara maksimal oleh dinas terkait.

Selain itu, Disbudpar Kota Mataram akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan pihak kepolisian untuk membuatkan jalur khusus cidomo. Hal ini dilakukan agar cidomo pariwisata tersebut tidak mengganggu lalu lintas.

Rencananya Disbudpar Kota Mataram bakal memberikan uang pengganti kepada para kusir Rp 100 ribu per hari, jika kereta kuda pariwisata tidak mendapatkan penumpang.

Editor: Dimas Rizky

  • wisata
  • kereta kuda
  • kusir
  • mataram

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!