NUSANTARA

Kemarau Dongkrak Harga Cabai di Kudus

"Harga jual berbagai jenis cabai di pasar tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini naik. Kenaikan tertinggi terjadi pada jenis cabai merah besar yang mencapai Rp30 ribu dari harga sebelumnya Rp20 ribu."

Ahmad Rodly

Kemarau Dongkrak Harga Cabai di Kudus
Kemarau, Harga Cabai, Kudus

KBR, Kudus - Harga jual berbagai jenis cabai di pasar tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini naik. Kenaikan tertinggi terjadi pada jenis cabai merah besar yang mencapai Rp30 ribu dari harga sebelumnya Rp20 ribu.

Siti Ngatipah, pedagang sayur di Pasar Induk Wergu Kudus mengatakan, kenaikan sudah terjadi beberapa minggu terahir dan hingga kini belum ada tanda-tanda akan turun.

“Harga cabai sekarang Rp22 ribu untuk jenis cabai keriting, yang jenis cabai biasa Rp18 ribu. Yang jenis cabai lompong (cabai merah besar) harganya sekarang Rp30 ribu dari harga sebelumnya harganya Rp20 ribu, Rp18 ribu kadang juga Rp15 ribu. (Harga naik) sudah lama, sebelum Lebaran Idul Adha,” ujar Siti Ngatipah kepada Portalkbr.

Selain cabai, harga bawang merah juga naik menjadi Rp15 ribu dari harga sebelumnya Rp8 ribu. Sementara, harga beberapa kebutuhan pokok lainnya masih stabil dan cenderung turun setelah hari raya Idul Adha ini.

Soal kenaikan harga cabai ini, Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, Sofyan Dhuhri mengatakan, kenaikan harga cabai karena kurangnya pasokan akbat musim kemarau. Beberapa petani mengaku tanaman cabainya mati karena kekurangan air sehingga produksi menurun. Jika pasokan cabai di pasar telah mencukupi maka harga akan kembali stabil.

Editor: Anto Sidharta

  • Kemarau
  • Harga Cabai
  • Kudus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!