NUSANTARA

Jelang Lebaran Haji, Pemudik Padati Pelabuhan Ketapang

Jelang Lebaran Haji, Pemudik Padati Pelabuhan Ketapang
Lebaran Haji, Pemudik, Pelabuhan Ketapang

KBR, Banyuwangi – Menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah kedatangan penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur dari Pelabuhan Gilimanuk Bali meningkat 35 persen.

Manajer Operasional PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry  di Pelabuhan Ketapang, Saharudin Kotto mengatakan, lonjakan penumpang yang tiba di Pelabuhan Ketapang terjadi mulai hari ini Jumat (3/10).

Lonjakan penumpang dari Gilimanuk ke Ketapang didominasi oleh pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Kata Saharudin, diprediksi puncak kedatangan penumpang jelang Idul Adha di Pelabuhan Ketapang akan terjadi pada hari Sabtu besok (4/10).

“Mudiknya dari Bali mereka yang dari Bali dia mau mudik ke Jawa untuk merayakan Idul Adha. Artinya mereka katakanlah mungkin ada keluarga yang naik haji atau semacam itu korban di kampung halamanya sehingga mereka pada Lebaran Haji ini rata-rata mudik terutama roda dua dan penumpang pejalan kaki,” kata Saharudin Kotto (3/10).

Saharudin menambahkan, estimasi total penumpang selama libur Idul Adha baik pejalan kaki, pengendara roda dua, dan penumpang di dalam mobil atau bus mencapai 25 ribu hingga 30 ribu orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama Hari Raya Idul Adha, kata dia, PT ASDP Indonesia Ferry di Ketapang menyiagakan armada kapal sebanyak 32 unit dengan rincian 20 kapal penumpang jenis roro dan 12 kapal barang LCT.

Editor: Anto Sidharta

  • Lebaran Haji
  • Pemudik
  • Pelabuhan Ketapang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!