Jalan Masuk ke Kawah Ijen Buruk

KBR, Bondowoso

NUSANTARA

Jumat, 31 Okt 2014 14:29 WIB

Author

Friska Kalia

Jalan Masuk ke Kawah Ijen Buruk

kawah ijen, bondowoso

KBR, Bondowoso – Wisatawan yang datang berkunjung ke Bondowoso, Jawa Timur sering mengeluhkan buruknya infrastruktur akses jalan menuju Kawah Ijen. jalan ke sana rusak parah.

Ketua Paguyuban Pramuwisata Bondowoso Slamet Riyadi mengatakan hingga saat ini belum ada perbaikan infrastruktur jalan menuju ke Kawasan Wisata Ijen.

“Akses jalan mereka sering keluhkan, sudah pernah kami sampaikan. Wisatawan memang lebih banyak komplain ke guide jadi kita harus pintar saja jawabnya,” kata Slamet saat dihubungi KBR, Jumat (31/10).

Kata dia, ada banyak jasa pariwisata yang menawarkan paket wisata melalui Kabupaten Banyuwangi untuk pergi ke kawasan wisata Gunung Kawah Ijen. “Kalau teman – teman guide yang standby di Bromo, Probolinggo, biasanya mereka mengajak lewat Banyuwangi. Kalau wisatawan masuk lewat Bondowoso memang lebih dekat, tapi banyak jalan rusak,” katanya.

Kerusakan akses jalan ini tersebar di beberapa titik lokasi di beberapa kawasan wisata Ijen. Di antaranya jalan menuju kawasan Wisata Pemandian Air Panas, Air Terjun, dan Perkebunan Strawberry. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Bondowoso, tingkat kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kawah Ijen melalui Bondowoso tahun 2013 hanya 6.115 wisatawan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN