Vaksinasi Anjing Terkendala Dana, Banyuwangi Terancam Rabies

Dinas Peternakan Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat sekitar separuh dari jumlah anjing yang ada di kabupaten tersebut belum mendapat vaksinasi rabies. Jumlah populasi anjing di Banyuwangi sekitar 5.000 ekor dan sekitar 2.500 di antaranya belum divaksin rabi

NUSANTARA

Jumat, 25 Okt 2013 13:21 WIB

Author

Hermawan

Vaksinasi Anjing Terkendala Dana, Banyuwangi Terancam Rabies

anjing, rabies, banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi - Dinas Peternakan Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat sekitar separuh dari jumlah anjing yang ada di kabupaten tersebut belum mendapat vaksinasi rabies. Jumlah populasi anjing di Banyuwangi sekitar 5.000 ekor dan sekitar 2.500 di antaranya belum divaksin rabies. 


Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Banyuwangi, Bambang Sugianto mengaku kekurangan vaksin.  Dinas Peternakan hanya bisa memvaksinasi 25 ekor anjing. 


“Untuk tahun kemarin kita memvaksin anjing ini sekitar 2000 sampai 2500 mulai dari Wongsorejo sampai Pesanggaran. Masih sekitar separo, idealnya vaksinasi pada anjing maupun pada ayam ini adalah mencakup sekitar 70 persen dari populasi yang ada. Kendalanya memang, di lain pihak kita belum bisa menyiapkan vaksin sebanyak itu karena memang vaksinasi, terutama yang produk luar negeri ini cukup mahal. Memang ini diupayakan tahun berikutnya bisa tercover, ”kata Bambang Sugianto kepada KBR68H, Jumat (25/10).


Bambang Sugianto menambahkan, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi tidak terdapat dana untuk pengadaan vaksin rabies. Selama ini vaksin yang ada berasal dari bantuan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jawa Timur. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pesantren Khusus Disabilitas di Banyuwangi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11