UGM: Bandara Baru DIY, Terdampak Tsunami

KBR68H, Jakarta- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT Angkasa Pura diminta mengkaji ulang pembangunan bandara di Temon, Kulon Progo.

NUSANTARA

Selasa, 08 Okt 2013 22:16 WIB

Author

Dimas Rizky

UGM: Bandara Baru DIY, Terdampak Tsunami

Bandara Baru, DIY, Terdampak Tsunami


KBR68H, Jakarta- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT Angkasa Pura diminta mengkaji ulang pembangunan bandara di Temon, Kulon Progo. Ketua Jurusan Fisika Fakultas Teknik UGM Sumarno mengatakan berdasarkan hasil penelitian, lokasi baru bandara Yogyakarta itu bisa terkena tsunami jika menerjang kawasan Selatan daerah tersebut. Rekomendasi ini melalui uji penelitian 2011 lalu. (Baca: Investor Cina Incar Pembangunan Bandara Internasional di Kulonprogo)

"Di laut selatan, pasti ada tsunami kalau gempanya 5 SR. Itu tsunaminya yang terbesar menurut perhitungan dan pengalaman empiris, itu ternyata 50 Meter. Kami sudah buat petanya dengan GPS. Mestinya orang mau buat perencanaan (pembangunan bandara baru-red) memperhatikan peta batas tsunami kami. Karena kan kita tidak tahu kapan tsunaminya. Seberapa besarnya juga tergantung kekuatan gempanya," ujarnya kepada KBR68H, Senin (08/10).

Ketua Jurusan Fisika Fakultas Teknik UGM Sumarno menambahkan pihaknya telah menyerahkan hasil penelitian itu ke Gubernur Yogyakarta, PT Angkasa Pura dan Pemerintah Kabupten Kulon Progo. Pemprov Yogyakarta berencana membangun bandara baru di sana. Sebab Bandara Internasional Adi Sucipto, sudah tak cukup lagi memuat jadwal penerbangan yang semakin banyak. (Baca: Bandara Pindah)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak