NUSANTARA

TKW Digunting Telinganya oleh Majikannya di Arab Saudi

"KBR68H, Jakarta - Tenaga Kerja Wanita Indonesia asal Sukabumi Kokom, telinganya digunting oleh majikannya di Arab Saudi. Kokom yang menjadi TKW di Arab Saudi bekerja sejak 2009 itu juga mendapatkan pukulan benda tumpul dan siraman air panas."

Sindu Dharmawan

TKW  Digunting Telinganya oleh Majikannya di Arab Saudi
TKW, sukabumi, kekerasan, Arab Saudi

KBR68H, Jakarta - Tenaga Kerja Wanita Indonesia asal Sukabumi Kokom, telinganya digunting oleh majikannya di Arab Saudi. Kokom yang menjadi TKW di Arab Saudi bekerja sejak 2009 itu juga mendapatkan pukulan benda tumpul dan siraman air panas.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi, Jejen Nurjanah mengatakan akibat siksaan itu kaki kanan Kokom lumpuh. Sekujur tubuhnya juga luka parah. Saat ini Kokom masih berada di KJRI Jeddah untuk menjalani proses hukum.

"Antara lain telinga Kokom digunting. Terus, tubuh dan muka dipukul dengan benda tumpul, punggung disiram air keras, tidur di atas keramik tanpa alas, makan dengan ada bekas luka-luka di sekujur tubuhnya. Terus makan juga dia bekas majikannya, dari sampah. Tiga bulan pada majikan kedua, dan pada beberapa minggu yang lalu setelah tiga bulan, dibuang oleh majikannya di tanah Tsur," terang Jejen kepada KBR68H, Rabu (09/10).

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi, Jejen Nurjanah menambahkan, ia dan keluarga Kokom telah melaporkan kasus ini ke Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Ia meminta Pemerintah membantu proses hukum yang saat ini dijalani Kokom. Sebab sampai saat ini Kokom belum mendapatkan gajinya selama bekerja di Arab Saud

Editor: Suryawijayanti 

  • TKW
  • sukabumi
  • kekerasan
  • Arab Saudi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!