Bagikan:

Surakarta Jadi Tuan Rumah World Toilet Summit

Kota Surakarta menjadi tuan rumah World Toilet Summit yang digelar di Hotel Sunan kota Surakarta. Sebanyak 400 peserta dari 20 negara di dunia menghadiri acara tersebut yang akan berlangsung sampai tiga hari mendatang.

NUSANTARA

Rabu, 02 Okt 2013 20:04 WIB

Surakarta Jadi Tuan Rumah World Toilet Summit

Surakarta, World Toilet Summit

KBR68H, Surakarta - Kota Surakarta menjadi tuan rumah World Toilet Summit yang digelar di Hotel Sunan kota Surakarta. Sebanyak 400 peserta dari 20 negara di dunia menghadiri acara tersebut yang akan berlangsung sampai tiga hari mendatang. 


Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso mengatakan peran penting dalam pertemuan ini Indonesia sebagai negara tropis dan kesadaran rendah merawat toilet yang sehat menjadi ancaman masuknya berbagai penyakit menular.


“Sekarang bagaimana merawat agar toilet itu tetap bersih dan sehat. Ini yang sering menjadi permasalahan. Dulu kan terbiasa DOLBON, Brodol di kebon, atau DOLLI, Brodol di kali, ah nanti kan gampang, alam yang beresin. Sekarang tidak bisa seperti itu, kita nggak bisa. Jadi Kampanye Asosiasi Toilet Indonesia sekarang bagaimana menjadikan toilet itu bersih, aman, nyaman, sehat, dan kering. Saya katakan kering, karena Indonesia negara tropis, penyakit menular dari kotornya toilet bisa muncul dari sini. Bisa bertebaran ke mana-mana, sebaik mungkin jangan banyak sudut di ruang toilet, dan tentu saja kita juga harus mulai hemat air dan hemat kertas toilet atau tissue. Kan dari hasil penebangan hutan,” ungkap Naning.


Selama tiga hari mendatang seratusan peserta World Toilet Summit akan berbagi pengalaman tentang toilet mulai dari sisi kesehatan, lingkungan hidup, dan arsitek. Mereka juga mengunjungi fasilitas toilet di pemukiman miskin, bantaran sungai, toilet komunal, dan toilet bergerak. 


Negara peserta Wolrd Toilet Summit ini antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, Belanda, Bhutan, Cina, Ekuador, Inggris, India, Indonesia, Jepang, Kanada, Malaysia, Taiwan, Singapura, Swedia, Rusia, Ukraina, dan Vietnam. 


World Toilet Summit di Kota Surakarta Indonesia ini adalah yang ke 13, pertemuan sebelumnya digelar di Durban, Afrika Selatan tahun 2012 lalu. 


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

Most Popular / Trending