NUSANTARA

Sate Unik Sepanjang 12 Meter ala Warga Bogor

"Warga Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memperingati Idul Adha, Selasa kemarin (15/10) secara unik. Usai melakukan salat Idul Adha,"

Rafik Maeilana

Sate Unik Sepanjang 12 Meter ala Warga Bogor
Sate Unik, 12 Meter, Warga Bogor, Idul Adha

KBR68H, Bogor - Warga Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memperingati Idul Adha, Selasa kemarin (15/10) secara unik. Usai melakukan salat Idul Adha,  warga berkumpul di lapangan untuk membakar sate kambing hasil pembagian kurban. Uniknya, sate  ini dibuat memanjang sepanjang 12 meter yang dikerjakan oleh lebih dari 20 orang.

Ketua RT Gunawan setempat mengatakan, kegiatan Idul Adha tahun ini sengaja dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Tujuannya, kata dia untuk mempererat rasa gotongr oyong antarwarga.

“Ya ini dalam rangka penyantunan anak yatim yah, dalam artian nyate bareng dengan anak yatim. Terus kami punya ide dengan membikin sate yang tidak lazim dari pada biasanya, kita buat lain dari pada yang lain. Panjangnya 12 meter ini, dikerjakan oleh 20 orang,” kata Gunawan saat ditemui KBR68H, Selasa (15/10).

Ia menjelaskan, untuk membuat sate ini menghabiskan 7 ekor kambing. Sementara, tusukan sate pun dibuat khusus dari besi yang biasa digunakan untuk membangun rumah.

Warga yang terdiri dari kaum ibu, bapak dan anak ini terlihat menyatu untuk mengolah sate yang dibakar menggunakan tempat khusus ini. Selain berusaha membuat sate sepanjang 12 meter, warga juga melakukan kegiatan santunan dan makan bersama dengan anak yatim di wilayah setempat.

Editor: Anto Sidharta

  • Sate Unik
  • 12 Meter
  • Warga Bogor
  • Idul Adha

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!