Rp30 M Dikucurkan untuk Rumah Tahan Gempa di Yapen

KBR68H, Jayapura- Sebanyak 300 kepala keluarga di Kabupaten Yapen, Papua mendapatkan bantuan rumah tahan gempa dari Kementerian Perumahan Rakyat. Bupati Kebupaten Yapen, Tony Tesar mengatakan dana bantuan senilai Rp 30 miliar, saat ini dalam proses tender

NUSANTARA

Rabu, 23 Okt 2013 16:57 WIB

Author

Katharina Lita

Rp30 M Dikucurkan untuk Rumah Tahan Gempa di Yapen

yapen, gempa, rumah tahan gempa

KBR68H, Jayapura- Sebanyak 300 kepala keluarga di Kabupaten Yapen, Papua mendapatkan bantuan rumah tahan gempa dari Kementerian Perumahan Rakyat. Bupati Kebupaten Yapen, Tony Tesar mengatakan dana bantuan senilai Rp 30 miliar, saat ini dalam proses tender untuk pembangunannya.

“Kita bangun di tempat yang sama karena sulit lagi kalau kita merelokasi dengan tempat yang lalu, tapi kita buat rumah yang lebih baik, lebih tahan gempa, artinya lebih semi permanen, tapi lebih kuat lagi kita sedang membangun neh, sudah proses lelang. Satu rumah 100 juta kurang lebih, jadi 300 rumah kita dapat 30 miliar,” ujarnya.

Gempa di Kabupaten Yapen pernah terjadi pada Juni 2010 lalu. Lebih dari 6000-an rumah rusak pasca gempa 6,2 dan 7,1 Skala Richter menguncang kabupaten yang terletak di pesisir pantai tersebut. Akibat gempa tersebut, peringatan tsunami juga dikeluarkan oleh BMKG setempat bagi 79 ribu jiwa yang bermukin di kabupaten tersebut.

Gempa tektonik yang guncangannya dirasakan 1-3 menit oleh masyarakat setempat, dapat dirasakan hingga ke Kabupaten Biak dan Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Foto Ikatan Besar Mahasiswa UI Tidak Akui Jokowi - Ma'ruf Hoaks

Jokowi Didesak Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM di Periode Kedua

Kanker Payudara dan Tubuh Perempuan

Kabar Baru Jam 15