Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Antisipasi Imigran Gelap

KBR68H, Trenggalek - Kepolisian Jawa Timur membentuk tim khusus untuk pengantisipasi upaya penyelundupan imigran gelap ke wilayah Australia.

NUSANTARA

Jumat, 04 Okt 2013 06:41 WIB

Author

Adhar Mutaqin

Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Antisipasi Imigran Gelap

Imigran gelap, polda, jatim

 KBR68H, Trenggalek - Kepolisian Jawa Timur membentuk tim khusus untuk pengantisipasi upaya penyelundupan imigran gelap ke wilayah Australia. Kapolda Jawa Timur, Unggung Cahyono mengatakan, tim gabungan itu terdiri dari sejumlah kesatuan di internal kepolisian serta bekerjasama dengan pemerintah daerah yang rawan dipakai jalur penyelundupan dan Kementerian Hukum dan HAM.

"Jadi di Polda kami sudah membentuk tim, tim di Polda itu ada dari intelejen, kemudian dari kriminal umum. Terus kemudian kami juga membentuk desk, koordinasi dengan pemda serta Kementerian Hukum dan HAM. tapi kami juga sudah melakukan penangkapan sejumlah pelaku. Yang jelas ini akan selalu kita antisipasi, termasuk kapan hari juga diundang Kemenkum HAM untuk membahas ini," katanya.

Kapolda Jawa Timur, Unggung Cahyono menambahkan, dari analisa kepolisian mayoritas pesisir selatan Jawa Timur rawan digunakan jalur penyendupan imigran ke Australia. Namun beberapa titik yang paling rawan antara lain, Madura, Malang, Tulungagung dan Trenggalek.

Dalam beberapa tahun terakhir terdapat empat kasus penyelundupan imigran Timur Tengah, Asia dan Afrika di melalui wilayah Blitar, Tulungagung dan Trenggalek. Dari empat kasus tersebut tiga di antaranya melibatkan ratusan imigran.

Editor: Suryawiajayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri

Alokasi Bijak THR Masa Pandemi

Atasi Duka Sepeninggal Orang Tersayang