NUSANTARA

Pengungsi Syiah Sampang Minta Segera Dipulangkan

Pengungsi Syiah Sampang Minta Segera Dipulangkan

KBR68H, Surabaya - Sebanyak 68 keluarga Syiah di Rumah Susun Sidoarjo meminta pemerintah memfasilitasi mereka pulang ke kampung halamannya ke Kecamatan Omben dan Karangpenang, Kabupayen Sampang, Madura. 


Pemimpin Syiah Sampang, Iklil Almilal mengatakan saat ini antara kelompok syiah dan Sunni sudah berdamai. Makanya mereka ingin pulang. Pengungsi Syiah di Rusun Sidoarjo itu juga ingin pemulangannya ke Sampang disertai jaminan keamanan dari aparat keamanan. Mereka takut ada pihak yang menghancurkan rekonsiliasi Sunni dan Syiah yang sudah terjadi.


“Kami tetap berharap pemerintah itu benar-benar bagaimana masalah nasib kami ini. Kami kan keinginan kami ya tetap pulang kampung, seperti itu. Karena keinginan kami itu bukan cuma kami bisa pulang, tapi, bukan cuma masyarakat tapi semua menerima keberadaan, kepulangan kami. Jadi pemerintah juga terlibat, para tokoh masyarakat, para kyai, dengan kepulangan kami itu bersama-sama (menerima),” kata pemimpin Syiah Sampang, Iklil Almilal.


Iklil Almilal menambahkan sampai saat ini keinginan pengungsi syiah di Sidoarjo belum mendapat tanggapan dari pemerintah daerah dan pusat. Iklil juga membantah informasi adanya warga Syiah yang pulang ke kampung halaman atas fasilitasi pemerintah, karena hingga kini sebanyak 68 keluarga masih belum ada yang pulang satu pun ke kampung halamannya. 


Editor: Antonius Eko 

  • syiah
  • sampang
  • jawa timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!