NUSANTARA

Pelaku Wisata Bali Desak Jajak Pendapat Komersialisasi Besakih

"KBR68H, Denpasar - Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali meminta pemerintah melakukan jajak pendapat terkait pro-kontra penetapan Pura Besakih sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Jika tidak memungkinkan, warga meminta Kementerian Pariwisata"

Muliartha

Pelaku Wisata Bali Desak Jajak Pendapat Komersialisasi Besakih
Pura besakih, komersialisasi, Bali

KBR68H, Denpasar - Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali meminta pemerintah melakukan jajak pendapat terkait pro-kontra penetapan Pura Besakih sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Jika tidak memungkinkan, warga meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan peninjauan ulang terhadap penetapan KSPN Besakih.

Ketua Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali I Gusti Kade Sutawa mengingatkan kementerian agar tidak mengambil keputusan sepihak. Sebab penetapan sebuah wilayah menjadi KSPN sarat dengan pembangunan pariwisata, sedangkan Besakih merupakan tempat suci dan tepat ibadah bagi masyarakat Hindu Bali.

“Seperti kita ketahui begitu nanti menjadi kawasan strategis tentu nanti sarana penunjang pariwisata pasti dibangun. Itu akan memunculkan ekses negatif juga buat masyarakat di masa mendatang, terhadap melunturkan budaya dan lain sebagainya. Ini tentu menjadi pemikiran kita, saya pikir itu perlu penataan saja,” ujar I Gusti Kade Sutawa.

I Gusti Kade Sutawa berharap Kemenparekraf memperhatikan kearifan lokal masyarakat sebelum menetapkan suatu wilayah sebagai bagian dari KSPN. Apalagi selama ini Kemenparekraf selalu menyerukan pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Editor: Suryawijayanti 

  • Pura besakih
  • komersialisasi
  • Bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!