NUSANTARA

November, Gunung Rinjani Jadi Geopark Nasional

November, Gunung Rinjani Jadi Geopark Nasional

KBR68H, Mataram - Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, resmi ditetapkan menjadi Geopark atau Taman Bumi Nasional pada November mendatang. Sementara Gunung Tambora di Pulau Sumbawa pada awal tahun 2014 akan diupayakan masuk dalam daftar Taman Nasional. 


Kepala Bapedda Provinsi NTB Chairul Machsul mengatakan, tahun depan pemerintah NTB akan mengusahakan keduanya tercatat sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.


”Insya Allah pada minggu pertama bulan November Rinjani akan diserahkan sertifikatnya sebagai geopark nasional. (Berapa tahap lagi masuk ke UNISCO?) Kita usahakan paralel tahun depan itu Tambora akan kita usulkan menjadi Taman Nasional sekaligus Rinjani juga kita akan usulkan juga sebagai geoprak dunia,” kata Chairul. 


Chairul Machsul menambahkan, jika Gunung Rinjani telah ditetapkan menjadi taman bumi nasional, anggaran pengelolaan gunung ini akan melibatkan sejumlah kementerian terkait. Anggaran itu digunakan untuk konservasi, pemberdayaan masyarakat dan penataan kelembagaannya serta untuk pembangunan infrastruktur 


Editor: Antonius Eko 


  • rinjani
  • lombok
  • geopark nasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!