NUSANTARA

Mogok Buruh di Bandung Lebih Besar dari Jakarta

Mogok Buruh di Bandung Lebih Besar dari Jakarta

KBR68H, Jakarta - Delapan puluh ribuan buruh di Bandung, Jawa Barat, berencana menggelar aksi mogok kerja guna menuntut penghapusan sistem kerja alihdaya dan peningkatan upah minimum. 


Koordinator Nasional Aksi Buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Baris Silitonga meminta seluruh pekerja di Kota Kembang itu mengikuti aksi tersebut. Mereka akan memastikan mogok kerja ini berjalan dengan cara sweeping. Dia mengklaim, aksi ini jauh lebih besar ketimbang aksi di Jakarta. 


“Hari ini kawan-kawan pemanasan, ada di kawasan Pulo Gadung, KBN Sunter, kawasan Bekasi. Paling besar itu ada sekitar 80 ribu di Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kalau di Bandung ini kita nguras pabrik. Kawan-kawan yang di Bandung itu melakukan aksi yang lebih besar dibandingkan temen-temen Bekasi dan Jakarta,” ujar Baris Silitonga di Program Sarapan Pagi KBR68H, Senin (28/10).


Sementara di Jakarta, menurut Baris Silitonga, aksi unjukrasa akan diikuti sekitar 70 ribu buruh. Aksi ini merupakan pemanasan dan sosialisasi jelang mogok nasional 31 Oktober hingga 1 November mendatang.


Editor: Antonius Eko 

  • mogok
  • buruh
  • bandung
  • jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!