Lonjakan Drastis Harga Hewan Kurban di Timika

Jelang Hari Idul Adha 1434 Hijriah besok, harga hewan kurban di Kabupaten Mimika, Papua meningkat drastis. Kenaikan harga ini mencapai 30 persen dari tahun sebelumnya.

NUSANTARA

Senin, 14 Okt 2013 15:57 WIB

Author

Spedy Paereng

Lonjakan Drastis Harga Hewan Kurban di Timika

Lonjakan Drastis, Hewan Kurban, Timika

KBR68H, Timika - Jelang Hari Idul Adha 1434 Hijriah besok, harga hewan kurban di Kabupaten Mimika, Papua meningkat drastis. Kenaikan harga ini mencapai 30 persen dari tahun sebelumnya.

Salah satu warga Hasyim mengatakan, kenaikan hewan kurban ini baru berlangsung sekitar seminggu jelang Lebaran Haji.

"Kondisi ini baru berlangsung sejak sepekan ini. tahun lalu untuk satu ekor hewan kurban seperti kambing misalnya, dihargai Rp 2,5 juta hingga Rp 2,7 juta. Namun saat ini harganya mencapai Rp 3,5 juta," jelas Hasyim di Timika.

Ia mengaku tidak tahu penyebab melonjaknya harga kambing tersebut. Namun ia menduga akibat kenaikan bahan bakar minyak.  Karena sebagian besar kambing yang ada di Timika didatangkan dari luar pulau, seperti Maluku Tenggara.

Hal yang sama diungkapkan warga lainnya, Marwan. Ia mengatakan, hewan kurban seperti sapi juga naik tinggi. "Tahun lalu untuk ukuran besar dan berjenis kelamin jantan, kami masih bisa dapat harga sekitar Rp 13 juta, namun saat ini harganya telah mencapai Rp 14 juta hingga Rp 18 juta tergantung ukuran besarannya," jelas Marwan.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Mimika, Awaludin Sulli mengatakan, pihaknya hingga kini belum mengetahui jumlah Hewan kurban yang akan disembeli besok.

"Besok pelaksanaan kurban dilaksanakan di masjid-masjid dan Lapangan Timika Indah. Untuk berapa banyaknya kami PHBI belum tau karena belum dilaporkan," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk Hari Raya Kurban kali ini, PHBI Kabupaten Mimika mendapat bantuan 5 ekor sapi dari Gubernur Papua. Besok setelah Sholat Ied di lapangan Timika Indah, hewan kurban bantuan Gubernur langsung akan dipotong.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17