NUSANTARA

Lokasi Konservasi di TN Way Kambas Ditutup untuk Umum

Lokasi Konservasi di TN Way Kambas Ditutup untuk Umum

KBR68H, Lampung - Pengelola Taman Nasional Way Kambas, Lampung menutup lokasi konservasi tersebut dari kunjungan umum. Juru bicara pengelola TNWK Sukatmoko mengatakan penutupan dilakuan hingga 2 Desember mendatang. Penutupan dilakukan untuk memulihkan kondisi kawasan konservasi tersebut.

"Kami punya waktu dua bulan, rehap secara fisik kecil, kami hanya memulihkan ekosisitem yang terlihat kotor, sampah terlihat banyak sekali,”kata Sukatmoko, Senin (1/10).

Juru Bicara Sukatmoko mengatakan pengunjung taman nasional tersebut sebenarnya masih sedikit. Namun sampah yang mereka hasilkan cukup banyak. Selama penutupan, selain melakukan pembersihan sampah, pengelola TNWK juga akan melepasliarkan secara terbatas gajah-gajah yang ada. Ini dilakukan untuk memulihkan kondisi mereka.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di ujung selatan Sumatera, 110 km dari Bandar Lampung. TNWK merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia yang menempati  lahan seluas 1.300 km² berupa  dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Lampung.

TNWK menjadi rumah dan taman bermain bagi gajah, sekaligus pusat pelatihannya. Di lebatnya taman nasional ini, ada sekitar 200 gajah sumatera (Elephas maximus sumatranensis) menjadikan hutan ini sebagai rumah mereka.

Editor: Doddy Rosadi

  • taman nasional
  • way kambas
  • ditutup

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!