NUSANTARA

Kota Mataram Siap Jadi Tuan Rumah Festival Keraton tingkat ASEAN

"KBR68H, Mataram - Kota Mataram Nusa Tenggara Barat siap menjadi tuan rumah Festival Keraton tingkat ASEAN. Festival Keraton akan diadakan selama empat hari mulai dari 25 Oktober mendatang."

Zainudin Syafari

Kota Mataram Siap Jadi Tuan Rumah Festival Keraton tingkat ASEAN
mataram, festival keraton, ASEAN

KBR68H, Mataram - Kota Mataram Nusa Tenggara Barat siap menjadi tuan rumah Festival Keraton tingkat ASEAN. Festival Keraton akan diadakan selama empat hari mulai dari 25 Oktober mendatang.

Dalam festival ini akan dipertunjukkan kebudayaan dari seluruh negara di ASEAN. Ketua Majelis Kebudayaan Kota Mataram, Jalaluddin Arzaki mengatakan, festifal ini merupakan upaya ASEAN memperkuat kerjasama antar negara anggota dalam bidang budaya, selain dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan.

”Festival Keraton ini tingkatnya ASEAN. Ini yang kedua, lima tahun yang lalu diserahkan pertama ke Denpasar. Insya Allah ini lebih menekankan kita untuk mendukung program ASEAN di bidang ’culture’. Jadi kita ingin satu deklarasi yang akan melahirkan pernyataan membangun kekuatan budaya ASEAN” terang Jalaluddin Arzaki.

Ketua Majelis Kebudayaan Kota Mataram Jalaluddin Arzaki mengatakan, sejauh ini sudah tercatat 50 peserta festival dari dalam negeri yang telah mendaftar. Sementara untuk peserta yang berasal dari luar negeri akan ditangani oleh Kementerian Luar Negeri.

Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-Asia Tenggara II yang diselenggarakan pada 25--28 Oktober 2013 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menampilkan para raja dan keluarga kerajaan se-Asia Tenggara. Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-Asia Tenggara II tahun 2013 bertema Komunitas ASEAN, penyelenggaraannya akan dipusatkan di Lapangan Umum Kota Mataram.

Selain digelar kegiatan parade budaya, akan dilaksanakan pula konferensi antar-Masyarakat Adat Nusantara yang nantinya diharapkan dapat melahirkan sebuah "Deklarasi Mataram".

Editor: Doddy Rosadi



  • mataram
  • festival keraton
  • ASEAN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!