Jaga Lingkungan, Warga Desa di Ciwidey Tabung Sampah

KBR68H- Atep, warga kampung Batukasur,Panundaan Ciwidey, Kabupaten Bandung, menyalurkan aspirasi kepeduliannya terhadap lingkungan dengan menggalakan program Bank Sampah. Lewat Bank Sampah Amanah (BSA), Atep tak hanya menampung sampah dari tetangganya tap

NUSANTARA

Kamis, 24 Okt 2013 17:28 WIB

Author

Radio Mayanada

Jaga Lingkungan, Warga Desa di Ciwidey Tabung Sampah

sampah, ciwidey, bank sampah

KBR68H- Atep, warga kampung Batukasur,Panundaan Ciwidey, Kabupaten Bandung, menyalurkan aspirasi kepeduliannya terhadap lingkungan dengan menggalakan program Bank Sampah. Lewat Bank Sampah Amanah (BSA), Atep tak hanya menampung sampah dari tetangganya tapi juga di desa lain. 

Menurutnya, fungsi dari bank sampah tersebut ialah untuk menampung sampah atau barang bekas dari masyarakat seperti sampah rumah tangga.Sampah yang dipungut  itupun tidak secara cuma-Cuma, melainkan dibeli.

Sampah yang sudah tertampung kemudian didaur ulang untuk dijadikan obat tanaman organik.

"Awalnya saya memperhatikan kegiatan warga di kampung saya ini yang terbiasa menjalani aktifitas menyiram kebun di malam hari, istilahnya nyebor. Nah pada suatu malam saya melihat warga yang sedang membendung air tapi yang ada di sungai malah lebih banyak sampah dari pada airnya. Nah dari situlah saya berkeinginan untuk menjadikan sampah jadi berguna ketimbang dibuang ke sungai, mampet dan bisa berakibat banjir lebih baik dijual dan di daur ulang.

Selain mendiirikan bank sampah, Atep juga berniat untuk mendirikan koperasi alat sekolah yang bisa dibeli atau ditukar dengan sampah, bahkan sekolah pun dibayar dengan sampah.

Sumber: Radio Mayanada

Editor: Suryawijayanti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8