NUSANTARA

Elang dari Cina dan Jepang Terbang Lintasi Langit Indonesia

"Migrasi elang asal Cina dan Jepang yang melintasi kepulauan di Indonesia akan menjadi atraksi wisata"

Elang dari Cina dan Jepang Terbang Lintasi Langit Indonesia
elang, satwa, migrasi, profauna, rosek

KBR68H, Jawa Timur - Migrasi elang asal Cina dan Jepang yang melintasi kepulauan di Indonesia akan menjadi atraksi wisata. Sepanjang bulan ini, seribuan Elang terbang dari negara tersebut untuk menghindari musim dingin. Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan, Elang mencari makan dan tempat berlindung di Kepualauan Riau, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini relawan ProFauna mengamati elang di sejumlah titik di Kota Malang, Jawa Timur.

"Yang sudah terpantau ada di Gunung banyak, juga di Coban Pelangi dan juga Jarak Ijo. Tapi jumlahnya belum terpantau besar. Kita masih di lapangan memantau di mana yang jumlahnya besar," kata Rosek Nursahid.

ProFauna mengamati Elang terbang berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 20 an ekor. Masa migrasi terjadi selama Oktober, dan Elang akan kembali ke negara asal mulai Januari mendatang. Indonesia menjadi tempat migrasi Elang karena memiliki ragam jenis serangga dan makanan . Rute setiap migrasi dari Cina melintasi Thailand-Malaysia-Singapura-Kepulauan Riau-Palembang-Lampung-Jawa hingga ke Nusa Tenggara Timur.

  • elang
  • satwa
  • migrasi
  • profauna
  • rosek

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!