Bagikan:

Cegah Konflik Berlanjut, Polisi Timor Leste dan TNI Patroli Bersama

KBR68H, TTU-Kondisi keamanan di lokasi sengketa antara warga Nunsea Desa Nelu Timor Tengah Utara dan warga Leolbatan Desa Kosta distrik Oekus, Timor Leste sudah kondusif.

NUSANTARA

Kamis, 24 Okt 2013 18:07 WIB

Author

Oscar Prasco

Cegah Konflik Berlanjut, Polisi Timor Leste dan TNI Patroli Bersama

bentrokan, timor leste, timor tengah utara

KBR68H, TTU-Kondisi keamanan di lokasi sengketa antara warga Nunsea Desa Nelu Timor Tengah Utara dan warga Leolbatan Desa Kosta distrik Oekus,  Timor Leste sudah kondusif.

Menurut Dandim 1618 Timor Tengah Utara, Eusebio Hornai Rebelo, petugas penjaga perbatasan dari kedua negara bersepakat menggelar patroli rutin bersama. Selain itu otoritas Timor Leste juga sepakat menghentikan semua aktiftas di zona netral,  hingga adanya pembicaraan kesepakan bersama.

“Sekarang sudah dilakukan patroli bersama. Jadi UPF ada jadwal  patroli gabung dengan TNI. Jadi mereka bawa senjata mengawasi lahan yang tidak boleh dikelolah sehingga memprovokasi, karena kondisi tidak mendukung. Saya pelajari kondisi psikologis dan emosional warga sangat tidak mendukung,”katanya.

Warga Desa Nelu Timor Tengah Utara dan warga Desa Kosta  distrik Oekusi Timor Leste yang mendiami garis batas kedua negara, Sabtu kemarin terlibat bentrok. Ketegangan dipicu masalah adanya aksi  penggarapan lahan dan pembukaan jalan baru oleh pihak Timor Leste di zona netral.

Tindakan ini tidak diterima warga Timor Tengah Utara, berakibat kedua kubu warga saling serang dengan batu dan kayu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kericuhan tersebut.

Editor: Suryawijayanti 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7