NUSANTARA

Buruh : Demo Hari Ini Sesuai Rencana

"Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh mengklaim mogok nasional berlangsung sesuai rencana."

Guruh Dwi Rianto

Buruh : Demo Hari Ini Sesuai Rencana
Demo buruh, konsolidasi buruh, mogok nasional, penyerangan buruh

KBR68H, Jakarta - Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh mengklaim mogok nasional berlangsung sesuai rencana. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengatakan, jumlah peserta mogok nasional tidak meleset jauh dari target semula. Menurutnya, aksi mogok lebih kecil dari yang direncanakan karena sejumlah daerah sudah menemukan kesepakatan.


"Hari ini mogok nasional, selain 17 provinsi, lebih dari 100 kabupaten/kota, yang kita rencanakan 150. Karena ada beberapa kota/kabupaten hampir mendapat kesepahaman, karena sudah diberi 50% walaupun dasar upahnya rendah, contoh Cilacap, tidak pernah mendekati 50%, biasanya cuman 10-15%," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (31/10).


Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal menambahkan, sebagian besar aksi buruh berlangsung tertib. Namun, terjadi penyerangan buruh oleh ormas Pemuda Pancasila dan Aspelindo di kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Berbagai organisasi buruh itu menuntut kenaikan upah minimum hingga 50%. Selain itu, mereka mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencabut inpres no 9/2013 tentang penetapan upah minimum.

  • Demo buruh
  • konsolidasi buruh
  • mogok nasional
  • penyerangan buruh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!