NUSANTARA

Berantas Calo, Urus IMB di Jakarta Online

"KBR68H, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan sistem pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara online. Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Putu Indiana mengatakan sistem ini dibuat untuk memudahkan pembuatan i"

Danu Mahardika

Berantas Calo, Urus IMB di Jakarta Online
calo, IMB, Jakarta, Online

KBR68H, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan sistem pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara online. Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Putu Indiana mengatakan sistem ini dibuat untuk memudahkan pembuatan izin sekaligus menekan jumlah calo.

Kata dia sistem ini akan mulai diberlakukan awal tahun depan.

"Kita keluarkan sistem online. Jadi tidak ada lagi dijebak oleh calo-calo yang menyesatkan itu. Calo ini akan hidup karena si pemilik bangunan tidak mengerti aturan. Jadi ngomongnya jangan ngurus izin sendiri lah, mahal dipersulit. Tapi dengan sistem online ini, tidak ada lagi itu. Dari rumahpun bisa. Tinggal download, isi data lalu upload lagi. Jadi setiap orang bisa mengurus dari rumah. Tidak perlu ke P2B lagi," ujarnya saat ditemui di Balaikota Jakarta, Rabu (9/10)

Kepala Dinas P2B, Putu Indiana menambahkan Pemprov DKI terus melakukan upaya sosialisasi tentang pentingnya memiliki IMB sebelum mendirikan bangunan. Kata dia pihaknya juga telah berkordinasi dengan PLN agar memasukkan kepemilikan IMB sebagai syarat pasang listrik. Hal ini agar jumlah bangunan tanpa IMB dapat ditekan.


Editor: Suryawijayanti 

  • calo
  • IMB
  • Jakarta
  • Online

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!