NUSANTARA

Berambisi Jadi Provinsi Hijau, Bali Genjot Produksi Pupuk Organik

"KBR68H, Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali menargetkan daerahnya sebagai provinsi hijau yang mampu memenuhi kebutuhan pupuk organiknya secara mandiri melalui program sistem pertanian terintegrasi (Simantri)."

Muliartha

Berambisi Jadi Provinsi Hijau, Bali Genjot Produksi Pupuk Organik
Provinsi Hijau, Pupuk Organik, bali

 KBR68H, Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali menargetkan daerahnya sebagai provinsi hijau yang mampu memenuhi kebutuhan pupuk organiknya secara mandiri melalui program sistem pertanian terintegrasi (Simantri).

Juru Bicara Pemprov Bali, Ketut Teneng menyampaikan, untuk mampu mandiri pupuk organik, Bali akan mengembangkan 1000 kelompok simantri dalam 5 tahun ke depan. Sampai tahun ini jumlah simantri yang ada baru mencapai 400 kelompok.

“Memulai nanti, kalau Simantri ini bisa kita kembangkan kalau pupuknya sudah cukup. Minimal di dalam kelompoknya seperti di Blahbatuh. Itu memang wajib diberikan kepada kelompoknya dulu. Jadi begitu mulai panen, pupuknya disediakan cukup untuk dikelompoknya, sisanya baru dujual kepada masyarakat yang tidak termasuk dalam kelompok simantri itu,” ujar Ketut Teneng

Ketut Teneng menambahkan, melalui simantri, Bali tidak hanya menargetkan mampu mandiri pupuk organik, tetapi juga mandiri energi biogas yang dihasilkan dari kotoran ternak di setiap kandang ternak simantri.  

Simantri merupakan konsep sistem pertanian yang memanfaatkan semua limbah menjadi bahan berguna, semisal memanfaatkan kotoran ternak menjadi kompos dan biogas.

Editor: Suryawijayanti 

  • Provinsi Hijau
  • Pupuk Organik
  • bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!