Banyuwangi Awasi Ternak Kurban dari Luar Daerah

KBR68H, Banyuwangi - Dinas Peternakan Banyuwangi, Jawa Timur memperketat pemeriksaan hewan kurban dari luar kota yang masuk ke daerahnya.

NUSANTARA

Selasa, 08 Okt 2013 11:38 WIB

Author

Hermawan

Banyuwangi Awasi Ternak Kurban dari Luar Daerah

hewan kurban, awasi ternak, penyakit antraks, banyuwangi awasi ternak

KBR68H, Banyuwangi - Dinas Peternakan Banyuwangi, Jawa Timur memperketat pemeriksaan hewan kurban dari luar kota yang masuk ke daerahnya. Kepala Dinas Peternakan Banyuwangi, Heru Santoso mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mencegah munculnya wabah penyakit hewan berupa antraks yang biasanya menyerang hewan kurban, baik sapi, maupun kambing. Selain itu, sejumlah lokasi tempat penjualan hewan kurban, baik di pasar, maupun di tempat-tempat umum yang sifatnya dadakan, juga tidak luput dari pemeriksaan petugas.

“Jadi, hewan kurban ini memang saat ini sedang dalam pengumpulan di lokasi – lokasi tertentu ya. Oh ya, itu memang tidak boleh dilakukan penyembelihan. Nanti akan berakibat yang tidak kita inginkan. Yang perlu digarisbawahi bahwa kita harus selalu waspada terhadap penyakit antraks. Penyakit antraks ini memang harus kita waspadai dan itu memang mereka kemarin kita diminta untuk mewaspadai itu dan antraks ini sangat berbahaya. Paling tidak antraks ini menjadi perhatian karena antraks ini sangat membahayakan bagi masyarakat,” kata Heru Santoso.

Kepala Dinas Peternakan Banyuwangi Heru Santoso menambahkan, pemeriksaan ini untuk mengawasi kesehatan ternak yang masuk ke Banyuwangi. Sebab, saat ini ternak dari Jawa Tengah, NTB dan NTT terindikasi ada yang terkena penyakit antraks. Untuk itu, masyarakat yang ingin membeli hewan kurban disarankan untuk tetap memilih hewan yang berkualitas bagus.


Editor: Fuad Bakhtiar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8