NUSANTARA

Banjir Rob di Jakarta Utara, Warga Belum Perlu Dievakuasi

"KBR68H, Jakarta- Banjir rob setinggi setengah meter melanda beberapa kawasan di Jakarta Utara pagi tadi. Kawasan yang terkena limpahan air laut diantaranya Jl Muara Baru, Jl Yos Sudarso, dan Jl Luar Batang."

Gun Gun Gunawan

Banjir Rob di Jakarta Utara, Warga Belum Perlu Dievakuasi
banjir rob, jakarta utara, evakuasi, bpbd

KBR68H, Jakarta- Banjir rob setinggi setengah meter melanda beberapa kawasan di Jakarta Utara pagi tadi. Kawasan yang terkena limpahan air laut diantaranya Jl Muara Baru, Jl Yos Sudarso, dan Jl Luar Batang.

Juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Bambang Suryaputra mengatakan, banjir terjadi akibat luapan air laut di area tanggul yang tengah direnovasi. Saat ini, kata dia ketinggian air sudah mulai surut hingga 40 sentimeter.

"Dari pantauan tim kami di lapangan air sudah mulai surut di RT 17 RW 03 di Pasar Ikan itu sudah surut menjadi 40 sentimeter dari sebelumnya 50 sentimeter pada pukul 09.00 tadi. Itu maksimum ya. Kemudian ketinggian air laut sudah surut jauh sebelumnya pukul 09.00 245 sampai 250. Sekarang 215 (sentimeter)," kata Bambang Suryaputra ketika dihubungi KBR68H.

Bambang Suryaputra menambahkan, hingga saat ini luapan air laut masih terjadi di area tanggul selebar 300 meter yang tengah direnovasi. Kata dia, BPBD berupaya menahan laju luapan air dengan menumpuk karung pasir.  Warga sekitar belum perlu dievakuasi karena air belum cukup tinggi.

Jakarta Utara merupakan daerah yang kerap dilanda banjir rob. Karena, sekitar  40 persen wilayah itu berada di bawah permukaan laut. Ada tujuh titik di kawasan Jakarta Utara yang rentan dilanda banjir akibat air laut pasang yaitu kawasan Kamal Pantai, Kapuk Muara, Kapuk SMP 122, Teluk Gong, Muara Baru, Cilincing Baru dan Lama, serta Kali Baru. Tujuh titik tersebut meliputi empat kelurahan yaitu Kamal Muara, Pejagalan, Penjaringan, dan Kali Baru.

Editor: Doddy Rosadi

  • banjir rob
  • jakarta utara
  • evakuasi
  • bpbd

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!