Akhirnya Indonesia Miliki Laboratorium Geotermal

Indonesia kini memiliki laboratorium geotermal atau panas bumi pertama dengan beroperasinya laboratorium itu di Palembang, Sumatera Selatan.

NUSANTARA

Senin, 21 Okt 2013 20:57 WIB

Author

Hendrawan

Akhirnya Indonesia Miliki Laboratorium Geotermal

Laboratorium Geotermal, Sumsel, Palembang, Sucofindo

KBR68H, Palembang- Indonesia kini memiliki laboratorium geotermal atau panas bumi pertama dengan beroperasinya laboratorium itu di Palembang, Sumatera Selatan.

Direktur Komersial III PT Sucofindo, Suprin Hannan menjelaskan, dengan diresmikannya salah satu unit usaha tersebut maka operator swasta tidak perlu lagi membawa sampel uji laboratorium hingga ke Amerika Serikat ataupun Jepang.

“Karena yang di Sumatera Selatan ini banyak kita layani untuk kegiatan eksplorasi itu yang kita lakukan. Sebenarnya itu hanya outlet istilahnya kita buka dua outlet yang memungkinkan untuk itu. tetapi saya berharap dengan potensi Sumatera Selatan yang sangat besar dibidang panas bumi ini maka nantinya semua akan terkonsentrasi di Sumatera Selatan. Karena mereka (perusahaan Geotermal) pasti membutuhkan laboratorium independen hasil dari laboratorium yang sifatnya komersil,” kata Suprin Hannan.

Sementara itu Kepala Cabang Palembang PT Sucofindo, Joni Ardi menjelaskan, Palembang dipilih tempat berdirinya laboratorium lantaran Sumatera Selatan memiliki potensi tenaga panas bumi paling besar dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Tenaga panas bumi yang tersimpan didalam perut bumi Sumsel ini ditaksir sekitar 1000 Megawatt elektric (MWe). Sementara itu cadangan di luar Sumsel terdapat di Lampung, Sumatera Barat, Aceh.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN