NUSANTARA

2014, Dana Pendidikan di Aceh Lebih dari 20 Persen APBA

"KBR68H, Banda Aceh - Sektor pendidikan masih menjadi prioritas dalam APBA tahun 2014 mendatang. Untuk sektor ini saja pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp2,4 Triliun dari total keseluruhan APBA 2014 sebesar Rp12.7 T."

Radio Antero

2014, Dana Pendidikan di Aceh Lebih dari 20 Persen APBA
dana pendidikan, aceh, 20 persen

KBR68H, Banda Aceh - Sektor pendidikan masih menjadi prioritas dalam APBA tahun 2014 mendatang. Untuk sektor ini saja pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp2,4 Triliun  dari total keseluruhan APBA 2014  sebesar Rp12.7 T.

Anggota komisi E DPR Aceh Mahyaruddin Yusuf mengatakan dana pendidikan Aceh tahun 2014 sudah melebihi angka 20 persen sebagaimana amanah undang-undang. Dana itu  tersebar pada beberapa dinas, seperti dinas pendidikan, badan dayah, dispora, biro isra dan dinas cipta karya. Menurutnya, dana pendidikan masih fokus pada peningkatan mutu pendidikan sedangkan untuk pembangunan fisik diserahkan kepada dinas cipta karya, itu pun jika ada yang mendesak harus dilakukan.

“Kalau 20 persen sepertinya sudah mencapai, dibandingkan dengan tahun sebelumnya ini lebih maksimal, kita fokuskan pada peningkatan mutu, jadi kalau tidak ada yang mendesak maka pembangunan fisik kita minta diminimalisirkan”lanjut politisi PKS itu.

Mahyaruddin menambahkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di provinsi Aceh harus dimulai dari penyelenggara pendidikan, terutama guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan. Karena itu DPR Aceh terus mendorong dinas pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru.

Sementara itu Ketua Bappeda Aceh Abubakar Karim mengatakan anggaran pendidikan Aceh tahun 2014 mencapai Rp. 2,4 Triliun  atau sekitar 20 persen, yang tersebar pada beberapa dinas, seperti dinas pendidikan, Dispora, badan daya, biro isra dan dinas cipta karya.

“Pihak Kemendagri sempat mengevaluasi dana pendidikan Aceh dikarenakan tidak sampai 20 persen, padahal dana pendidikan itu tersebar, tidak hanya di dinas Pendidikan tapi juga ada di cipta karya, dan dinas lain”lanjutnya.

Sumber: Radio Antero

Editor: Doddy Rosadi

  • dana pendidikan
  • aceh
  • 20 persen

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!