Bagikan:

Ratusan Pertashop di Jateng Gulung Tikar Akibat Kenaikan BBM

Saat ini, ada 1.300 unit Pertashop di Jawa Tengah. Jumlah ini terbanyak di Indonesia.

NUSANTARA

Rabu, 21 Sep 2022 18:18 WIB

Ratusan Pertashop di Jateng Gulung Tikar Akibat Kenaikan BBM

Ilustrasi: warga mengisi BBM di Pertashop di Cilacap, Jawa Tengah. Foto: ANTARA

KBR, Banyumas– Ratusan Pertashop di Provinsi Jawa Tengah berhenti beroperasi karena terdampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Saat ini, ada 1.300 unit Pertashop di Jawa Tengah. Jumlah ini terbanyak di Indonesia.

Dari jumlah itu lebih dari 100 Pertashop yang sudah berhenti operasional. Salah satunya di Kabupaten Pati. Di sana, ada enam Pertashop yang tutup karena tak bisa menggaji karyawan.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Pertashop Seluruh Indonesia (DPD HIPSI) Jawa Tengah, Jengkar Tundung Janu Prihantoro menjelaskan ratusan Pertashop itu tutup karena kenaikan harga Pertamax yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu, yakni dari Rp12.500 ke Rp14.500.

"Kalau di saya, mengenaskan. Bahkan, banyak teman-teman yang sekarang sudah tutup itu sudah tidak dipakai itu. Diparitas harganya terlalu tinggi, Rp4.500. Satu orang itu, kalau orang desa itu ya, selisih Rp5.000 itu sangat berarti sekali," kata Jengkar Tundung Janu Prihantoro, Rabu, (21/9/2022).

Baca juga:

Kenaikan itu mengakibatkan perbedaan harga yang cukup tinggi antara Pertalite dan Pertamax. Akibatnya pelanggan Pertashop banyak yang beralih ke Pertalite. BBM bersubsidi jenis Pertalite tersebut kini banyak dijual oleh pengecer, atau Pertamini.

Kata Jengkar, sebagian Pertashop hanya mampu menjual kurang dari 100 liter per hari. Dampaknya, pendapatan mereka tak mampu menutup operasional harian, seperti gaji karyawan, listrik, dan pengeluaran lain.

"Apalagi beli bensin dengan uang Rp15 ribu, yang satu sisi dapat 1 liter di lain sisi yang satu dapat 1,5 liter. Tinggi sekali, ya ini Pertamini-Pertamini enggak jualan Pertamax, semuanya Pertalite," kata Jengkar.

Mengutip situs kemitraan.pertamina.com, Pertashop (Pertamina Shop), adalah outlet penjualan Pertamina dengan skala tertentu, yang disiapkan guna melayani kebutuhan konsumen BBM nonsubsidi, serta produk ritel Pertamina yang lain.

Lokasi pelayanan Pertashop diutamakan di desa atau kota yang membutuhkan pelayanan produk eceran Pertamina.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Urgensi Reformasi Polri

Most Popular / Trending