Bagikan:

Arkeolog Ekskavasi Situs Diduga Era Empu Sendok

Fakta baru situs ini terungkap setelah dua hari dilakukan penggalian. Situs ini diduga merupakan bangunan suci atau candi peninggalan era Empu Sendok.

NUSANTARA

Selasa, 20 Sep 2022 21:21 WIB

Empu Sendok

Arkeolog lakukan penggalian situs yang diduga peninggalan era Empu Sendok di Jawa Timur. (Foto: KBR/Muji Lestari)

KBR, Jombang - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi Situs Mbah Blawu yang berlokasi di Desa Sukosari Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur, Selasa (20/9/2022).

Fakta baru situs ini terungkap setelah dua hari dilakukan penggalian. Situs ini diduga merupakan bangunan suci atau candi peninggalan era Empu Sendok.

Dugaan ini diperkuat dari data sementara yang diperoleh dari ekskavasi setelah menemukan struktur bata kuno.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Pahadi menjelaskan, dari ciri struktur bata kuno yang nampak bahwa dimensinya memiliki ukuran hingga ketebalan yang berbeda dari temuan candi di Trowulan Mojokerto.

"Kita menduga kalau periode kita belum dapat data pendukung, hanya saja kita menduga karena ketebalan batanya lebih tebal dari beberapa bata temuan di Trowulan ini identik dengan temuan di Candi Brahu dan Pande Gong mungkin zaman Empu Sendok, mengarah ke situ mudah-mudahan kita dapat data pendukung lain, yang bisa menjelaskan terkait periodesasi," ujarnya kepada KBR (20/9/2022).

Sejauh ini, dari penggalian yang dilalukan ada potensi struktur yang membentuk pola dinding. Namun apakah ini dinding terluar dari struktur candi, Pahadi belum bisa memastikannya. Sebab posisinya, bagian luar dan dalam dinding tersebut tak jauh berbeda, yakni menunjukkan pola kulit.

"Jadi belum pasti ini kaki atau pondasi candinya, bisa saja ini pembagian bilik," imbuhnya.

Baca juga:

- Cegah Kerusakan, Tangga Borobudur Bakal Dilapisi Kayu

- Borobudur Alami Kerusakan, Pengunjung Maksimal 1.200 Orang Per Hari

Pahadi mengungkapkan, pada sisi timur ada susunan bata yang mengarah keluar. Asumsinya, tonjolan keluar itu adalah tangga candi. Ada penampakan struktur yang membentuk pola naik dan masuk ke candi.

"Berkaca dari situs terdekat, Candi Brahu dan Pande Gong maka kemungkinan ini adalah candi, kemungkinan bentuknya ada kesamaan, tapi nanti kita coba buka lagi apakah sama atau beda lagi," pungkasnya.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Urgensi Reformasi Polri

Most Popular / Trending