covid-19

Situasi Mulai Kondusif, Bupati Instruksikan ASN Kembali ke Intan Jaya

Sejak pertengahan 2019 hingga awal 2021, serangkaian kekerasan terjadi di Intan Jaya.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 01 Sep 2021 14:36 WIB

Situasi Intan Jay berangsur pulih, ASN diminta kembali.

ASN di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Foto: Intanjayakab.go.id.jpg

KBR, Jayapura- Bupati Intan Jaya, Papua, Natalis Tabuni menginstruksikan semua aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di sana, kembali ke daerah itu, sebab situasi keamanan mulai kondusif.

Kata dia, sejak pertengahan 2019 hingga awal 2021, serangkaian kekerasan terjadi di Intan Jaya. Selama itu, baku tembak antara kelompok bersenjata dan aparat keamanan, sering terjadi di sana.

"Traumatisme dan kekhawatiran hidup yang kita alami, kita lalui, kita bisa akhiri, akhir akhir tahun ini," kata Natalis Tabuni, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Seret Pelaku Pembunuhan Pendeta Yeremias

Sejumlah warga sipil dan aparat keamanan menjadi korban dalam konflik Intan Jaya. Situasi tersebut menyebabkan para ASN di sana memilih mengamankan diri ke kabupaten terdekat, di antaranya Nabire.

Akan tetapi menurut Natalis, memasuki pertengahan tahun ini, situasi di Intan Jaya mulai kondusif. Tak ada alasan lagi bagi ASN tidak kembali ke sana melaksanakan tugas.

"Tidak ada alasan lagi bagi para ASN katakan bahwa saya tinggal di Nabire. Itu berarti, keaktifan, evaluasi, kontrol, pengawasan, silakan lakukan dari setiap tahapan, atau setiap leher kepemimpinan. Mulai dari absen, pembayaran gaji, TPP, ULP dan lain lain," katanya.

Baca juga: KSP Pastikan Temuan TGPF Intan Jaya Ditindaklanjuti Penegak Hukum

Sanksi dan Kerja Sama

Ia menegaskan, ASN yang tidak kembali ke Intan Jaya dalam waktu dekat akan disanksi. Sanksi berupa penundaan pembayaran gaji, tunjangan pendapat pegawai, uang lauk pauk, hingga kenaikan pangkat.

Menurutnya, ASN memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi Intan Jaya merupakan kabupaten yang baru dimekarkan pada akhir 2008, dan kini dalam tahap pembangunan.

Bupati menyebut, situasi kondusif di Intan Jaya dalam beberapa waktu terakhir, karena dukungan semua pihak. Mulai dari aparat keamanan dan masyarakat, para pemangku kepentingan, pihak gereja, lembaga kemasyarakatan, dan adat.

Semua pihak ini bersinergi menciptakan kondisi kondusif. Mereka juga terus membantu berkomunikasi dengan para pihak yang berseberangan.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10