covid-19

PPKM turun ke Level 1, Tingkat Hunian Hotel di Banyuwangi Naik 50 Persen

Tingkat hunian hotel di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur membaik setelah wilayah itu masuk zona kuning atau kategori rendah penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, serta PPKM turun ke level 1.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 15 Sep 2021 00:45 WIB

PPKM turun ke Level 1, Tingkat Hunian Hotel di Banyuwangi Naik 50 Persen

Ilustrasi. Petugas menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata Pantai Bangsring Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (21/9/2020). (Foto: ANTARA/Budi Candra)

KBR, Banyuwangi - Tingkat hunian hotel di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur membaik setelah wilayah itu masuk zona kuning atau kategori rendah penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, serta status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level 1.

Perhimpunan Hotel Indonesia (PHRI) Banyuwangi menyebut tingkat hunian hotel di Kabupaten Banyuwangi, kini naik hingga 50 persen.

Ketua PHRI Banyuwangi Zainal Mutaqien mengatakan, naiknya okupansi hotel disebabkan karena pemerintah Banyuwangi kini kembali membuka destinasi wisata. Tempat tujuan wisata dibuka setelah wilayah Banyuwangi masuk zona kuning dan status PPKM turun ke level 1.

Baca juga:


Selain itu, naiknya tingkat hunian hotel dan restoran, juga karena dicabutnya pemberlakukan tidak boleh makan ditempat dan diperbolehkanya masyarakat kembali menggelar kegiatan di hotel meski dalam pembatasan.

Dampaknya, kata Zainal, banyak masyarakat saat ini yang memanfaatkan hotel untuk menggelar acara dengan tetap memberlakukan protocol Kesehatan.

“Saya kira sudah ada dampaknya walaupun belum signifikan. Karena kalau kita lihat kemarin teman-teman khusnya dari hotel juga sudah melaunching menu baru, terus mungkin ada kegiatan juga. Saya pantau itu mungkin tingkat hunianya di atas 50 persen,” kata Zainal Mutaqien, Selasa (14/9/2021).

Zainal menambahkan, naiknya okupansi hotel berdampak baik terhadap karyawan hotel yang dirumahkan akibat pemberlakukan PPKM Darurat beberapa waktu lalu.

Sekitar 2000 lebih karyawan hotel yang dirumahkan saat ini sudah Kembali dipekerjakan.

Zainal berharap, kondisi saat ini terus bertahan bahkan lebih baik menuju ke level normal, sehingga roda perekonomian terutama di sektor perhotelan terus membaik.

Kabupaten Banyuwangi, hingga pertengahan bulan September ini, masuk level 1 pemberlakuan PPKM. Selain itu, Banyuwangi juga masuk zona kuning atau katagori rendah penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10