covid-19

Napi Rutan Singkil Meloloskan Diri, Ini yang Mereka Lakukan

Para napi yang kabur itu terlibat kasus pencabulan anak di bawah umur dengan vonis hukuman 8 hingga 10 tahun penjara.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 13 Sep 2021 17:03 WIB

Tiga tahanan Rutan Singkil, Aceh, kabur.

Ilustrasi tahanan kabur dari penjara.

KBR, Singkil– Tiga narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, meloloskan diri. Mereka adalah Agus Januari Anto (33), Ludin (37) dan Sukardi (50). Ketiganya berhasil kabur dengan cara menggali lubang tembok penjara.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh, Heri Azhari mengatakan kejadian itu diketahui saat penghitungan jumlah napi, usai pelaksanaan kegiatan rutin berkebun. Kata dia, dari total 158 warga binaan, menjadi 155 orang.

"Kepala kantor wilayah (kakanwil) sudah menurunkan tim untuk melakukan pendalaman dan pemeriksaan, nanti kan perlu dilihat juga faktanya. Memang di dalam ruangan (penjara-red) itu ada kebun, mungkin pengawasannya. Yang jelas itu lagi didalami sekarang, dan masih koordinasi dengan aparat polres untuk mencari pelarian," kata Heri Azhari kepada KBR, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang, Puluhan Tewas

Berdasarkan pantauan, lokasi lubang yang digali berada di bawah tiang fondasi tembok bangunan Rutan Kelas II-B Singkil. Para napi yang kabur itu terlibat kasus pencabulan anak di bawah umur dengan vonis hukuman 8 hingga 10 tahun penjara.

"Info awal lubang yang digali napi itu sekitar 70 sentimeter dalamnya. Mungkin dari lubang itu mereka kabur," imbuhnya.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7