NASIONAL

17 Daerah di Jawa Tengah yang Potensi Longsor

potensi longsor

ESDM Jawa Tengah Sebutkan 17 Daerah Rawan Longsor

KBR, Jakarta - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah menyebut, ada 17 daerah rawan longsor selama musim penghujan nanti.

Kepala ESDM Jawa Tengah, Sujarwanto menjelaskan, puluhan daerah berisiko longsor terletak di sepanjang sisi Barat hingga Selatan, atau yang merupakan area pegunungan dan pebukitan.

"Daerah yang berpotensi longsor dikontrol oleh geomorfologinya atau daerah dengan perbukitan bergelombang tajam. Seperti di daerah utara Cilacap sampai Majenang, kemudian Cimanggu ke utara di Salem, Brebes turun sampai barat di Bumiayu, sebelah timur Bumiayu di deretan pengunungan Slamet," ungkap Sujarwanto di Semarang, Jumat (17/09/21).

Sujarwanto menambahkan, daerah rawan longsor disebabkan perubahan permukaan bumi, karakteristik tanah, dan klimatologi seperti hujan yang ekstrem. Ke-17 wilayah selatan Jawa Tengah yang rawan longsor itu adalah Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Banyumas dan Purworejo. Sedangkan di sisi barat, rawan longsor ada di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang dan Kendal.

Baca juga: Empat Penambang Emas Tradisional di Aceh Tewas Tertimbun Longsor

Baca juga: Krisis Air Bersih di Situbondo Diprediksi Meluas

Editor: Fadli Gaper

  • longsor
  • ESDM Jawa Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!