Status Siaga Darurat Karhutla Jambi Diperpanjang

Semula status siaga darurat karhutla di Jambi akan berakhir 26 September 2020.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 25 Sep 2020 21:42 WIB

Author

Elvidayanty Darkasih

Status Siaga Darurat Karhutla Jambi Diperpanjang

Ilustrasi karhutla. Foto: dephut.go.id

KBR, Jambi- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi.

Semula status siaga darurat di sana akan berakhir 26 September 2020 atau Sabtu besok, namun akhirnya diperpanjang hingga satu bulan ke depan.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan perpanjangan itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan.

“Sering kita sebagai tim satgas melakukan antisipasi saja. Apakah nanti masih ada spot-spot, hujannya turun sudah merata atau belum. Nanti kalau belum merata, daerah-daerah yang tidak kena hujan bisa terjadi kebakaran hutan dan lahan. Makanya pak Danrem tidak mau kecolongan. Dia dorong terus tim satgas tetap bekerja, makanya SK-nya diperpanjang," ucap Bachyuni kepada KBR, Jumat (25/9/20).

Selain itu, kebijakan itu diputuskan dengan mempertimbangkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut potensi hujan masih kategori sedang.

Sepanjang Januari hingga Agustus 2020, luas kawasan hutan dan lahan yang terbakar di Provinsi Jambi mencapai 217,22 hektare.

Kawasan terluas yang terbakar berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur 99,53 hektare dan Kabupaten Sarolangun 44,5 hektare.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi