BERITA

Pemprov NTT Minta Petani Ganti Tanaman

Pemprov NTT Minta Petani Ganti Tanaman



KBR, Kupang - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta para petani di daerah itu mengganti tanaman pertanian mereka, dari tanaman yang boros air dengan tanaman yang butuh sedikit air.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Peyuluhan (BKP2) NTT Husen mengatakan permintaan itu sudah disampaikan dua bulan lalu, melalui surat kepada para bupati dan waikota.


"Kita adakan koordinasi di kabupaten kota, lewat surat Pak Gubernur yang meminta kepada Pemda kabupaten kota, agar para petani menggunakan pendekatan tanam komoditas yang membutuhkan airnya kurang. Misalnya kacang-kacangan. Itu surat sudah dua bulan lalu disampaikan Pak Gubernur. Sekarang sudah ditindaklanjuti oleh para petani kita yang didampingi oleh para peyuluh kita," kata Husen di Kupang, Jumat (16/9/2016).


Kepala Badan Ketahanan Pangandan Penyuluhan (BKP2) NTT Husen menyebutkan ada ribuan desa di NTT yang rawan pangan transien (sementara), karena rusaknya tanaman pertanian akibat kekurangan air.


Husen mengatakan dari 246 ribu lebih hektar lahan yang ditanami padi, 20 ribu lebih hektarnya rusak. Sedangkan lahan yang ditanami jagung seluas 231 ribu lebih hektar, hampir 37 ribu hektar rusak.


Baca: Seribu Desa di NTT Rawan Pangan

Editor: Agus Luqman 

  • Nusa Tenggara Timur
  • NTT
  • rawan pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!