BERITA

2 Kabupaten di Jawa Tengah Dilanda Banjir & Longsor

2 Kabupaten di Jawa Tengah Dilanda Banjir & Longsor



KBR, Banyumas - Sejumlah daerah di Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah dilanda banjir dan longsor setelah hujan deras sejak Jumat (16/9/2016) hingga Sabtu (17/9/2016) pagi.

Komandan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Banyumas, Heriana Ady Chandra menyebut, empat desa di Banyumas yang terdampak di antaranya Desa Karang Gedang dan Sawangan tergenang banjir. Sedangkan Desa Besuki dan Karanganyar terkena longsor.

"Akibat terjadi hujan lebat yang terjadi merata di Kabupaten Banyumas, ada empat desa yang terdampak bencana. Di antaranya bencana banjir yang terjadi di Desa Sawangan Kecamatan Kebasen," kata Heriana di Banyumas, Sabtu (17/9/2016).

"Di Desa Karang Gedang 76 rumah terendam dengan ketinggian air 40 centimeter. Sementara di Desa Sawangan, ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai 50 centimeter, yang merendam wilayah RT 1 RW 1, RT 2 RW 2, RT 1 RW 2," paparnya.

Para relawan, kata dia, telah merapat ke lokasi bencana. Ia pun menjelaskan, lebih dari 70 rumah terendam air dan sebuah rumah tertimbun tanah longsor.

"Kemudian di Desa Karanggedang Kecamatan Sumpyuh. Sampai sekarang masih dilakukan assessment dan pendataan oleh petugas di lapangan," imbuhnya.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/09-2016/jelang_musim_hujan__ratusan_korban_longsor_tunggu_janji_direlokasi/84850.html">Ratusan Korban Longsor Cilacap Tunggu Direlokasi</a></b> </li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/09-2016/kota_balikpapan_waspada_banjir_dan_longsor_/85004.html">Waspada Banjir dan Longsor</a></b> </li></ul>
    

    Sementara itu di Kabupaten Cilacap, banjir dan longsor terjadi di lima kecamatan, di antaranya Bantarsari, Gandrungmangu, Sidareja dan Wanareja.

    Camat Wanareja, Bintang Dwi Cahyono mengungkapkan, 200 rumah di Desa Purwasari terendam air lantaran meluapnya sungai Cibeureum. Sementara, tanah longsor terjadi di Desa Bantar dan Desa Madura.




    Editor: Nurika Manan

  • Banjir dan Longsor
  • Banyumas
  • banjir Banyumas
  • Banjir Cilacap
  • bencana alam banjir
  • bencana longsor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!