BERITA

Ratusan Penerbangan di Kalimantan Dibatalkan akibat Asap

"Bandara yang terganggu kabut asap diantaranya Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Kalimarau (Berau Kaltim), Bandara Temindung Samarinda dan Bandara Juata Tarakan."

Teddy Rumengan

Ratusan Penerbangan di Kalimantan Dibatalkan akibat Asap
Ilustrasi. Kabut asap di Pangkalan Bun Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. (Foto: Alex/KBR)

KBR, Balikpapan – Aktivitas penerbangan dari dan menuju sejumlah bandara di Kalimantan terganggu kabut asap sejak akhir Agustus lalu.

Bandara yang terganggu kabut asap di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diantaranya Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Kalimarau (Berau Kaltim), Bandara Temindung Samarinda dan Bandara Juata Tarakan.


Petugas PT Angkasa Pura I Balikpapan Rendi Anindito mengatakan, sekitar 150 penerbangan mengalami pembatalan dan sekitar 50 mengalami penundaan akibat kabut asap sejak akhir Agustus lalu.


Penerbangan yang mengalami pembatalan dan penundaan itu diantaranya tujuan Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Tarakan dan Berau ataupun sebaliknya.


Setidaknya dalam sehari ada sekitar lima pembatalan maupun penundaan dari laporan yang diterima Angkas Pura I Balikpapan dari sejumlah maskapai baik yang berangkat maupun datang.


"Jadi yang delay atau cancel akibat dari kabut asap sudah kita alami sejak tanggal 31 Agustus. Jumlah delay per hari rata-rata lima flight baik yang berangkat maupun yang datang kesini. Sedangkan yang meng-cancel adalah airline dengan tujuan rata-rata di Kalimantan seperti di Banjarmasin, Palangkaraya, kemudian Berau, Tarakan dan Pontianak,” kata Rendi Anindito


Hingga kini Angkasa Pura I Sepinggan Balikpapan belum mengeluarkan imbauan apapun karena jarak pandang dianggap masih aman yakni sekitar 2 kilometer


Terkait pembatalan dan penundaan penerbangan itu murni kebijakan dari maskapai yang tidak mau mengambil resiko.


BMKG Balikpapan menyebutkan kabut asap yang ada di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara rata-rata kiriman dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Barat.


Selain juga kabut asap juga terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.


Editor: Agus Luqman 

  • kabut asap
  • Gangguan Penerbangan
  • Bandara
  • Angkasa Pura
  • kebakaran hutan dan lahan
  • Karhutla
  • kalimantan timur
  • kalimantan utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!