BERITA

Pelindo III: Marina Boom Banyuwangi Bakal Dibanjiri Kapal Pesiar Internasional

"Banyuwangi bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally pada 2017 mendatang."

Hermawan Arifianto

Pelindo III: Marina Boom Banyuwangi Bakal Dibanjiri Kapal Pesiar Internasional
Ilustrasi kapal pesiar. (Foto: bappeda.banyuwangikab.go.id)

KBR, Banyuwangi - PT Pelabuhan Indonesia Persero (Pelindo) III memindahkan lokasi pembangunan pelabuhan wisata Marina dari Pelabuhan Benoa, Bali, ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Direktur Umum PT Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan pemindahan lokasi Marina tersebut dilakukan karena sudah tiga tahun Pemerintah Kota Bali tidak kunjung mengeluarkan izin.


Karena itu proyek dipindahkan ke Banyuwangi yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat.


Djarwo mengatakan Marina Banyuwangi ditargetkan akan disinggahi 200 kapal pesiar dari berbagai negara.


Dengan begitu diharapkan Banyuwangi bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally pada 2017 mendatang.


"Membangun pelabuhan kan harus ada rencana induk pelabuhan, ternyata itu belum mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kota Denpasar. Dalam perencanaan pasti kita upayakan untuk tidak terlalu banyak mengganggu keseimbangan lingkungan. Kalua nanti jika membangun yang besar kita akan maju ke tengah laut, bukan dikeruk karena kita tidak ingin menggangu alamnya," kata Djarwo Surjanto.


Pada Sabtu (12/9/2015) sore, PT Pelindo III secara resmi memulai tahapan pembangunan Pelabuhan Marina di Pantai Boom Banyuwangi.


PT Pelindo III menginvestasikan dana Rp 200 miliar untuk membangun marina Banyuwangi melalui anak usahanya, PT Pelindo Properti Indonesia. Marina Banyuwangi akan terintegrasi dengan Marina di Bali, Lombok, dan Karimun Jawa.


Tahap pertama tahun ini dimulai dengan pendalaman kolam penataan lahan untuk kawasan wisata dan pembuatan dinding penahan tanah. Dilanjutkan tahun 2016 berupa pembangunan Marina dan resort di Pulau Wangi, pulau kecil yang berada di tengah Pantai Boom.


Untuk membangun Marina Boom Banyuwangi, Pelindo melakukan komparasi kajian dengan studi banding konsep beberapa marina yang ada di dunia. Di antaranya Marina Port Vell Yacht Club, Barcelona, dan Yacht Club de Monaco, Monako.


Marina Boom dikembangkan dengan tiga zonasi, yakni zona marina, zona residensial, dan zona rekreasi. Zona marina dibangun di kawasan bagian barat seluas 9,6 hektare, dengan luas kolam 4,75 hektare.


Marina dilengkapi shipyard dry berth atau area parkir yacht kering seluas 2,3 hektare yang mampu menampung 75 yacht. Sedangkan zona residensial terdiri atas resort dan villa. Zona rekreasi antara lain terdiri atas hydroponic farmland dan aqua culture, serta visitor and education centre.


Editor: Agus Luqman 

  • Pelindo III
  • banyuwangi
  • Marina Boom
  • jawa timur
  • Kapal Pesiar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!