BERITA

Lereng Gunung Argopuro Bondowoso Terbakar

Lereng Gunung Argopuro Bondowoso Terbakar

KBR, Bondowoso – Kaki lereng pegunungan Argopuro Bondowoso, Jawa Timur terbakar sejak Senin (14/9).

Humas Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, Abdul Ghani mengatakan kebakaran kali ini merupakan kejadian ketiga di lereng Argopuro.


Saat ini Perhutani sudah menerjunkan tim ke lokasi untuk memadamkan api.


"Api itu kemarin masih di bawah. Kemungkinan api kemarin masih ada bara api. Karena angin kencang bisa jadi itu terbawa dan menyebabkan kebakaran baru," kata Abdul Ghani saat ditemui KBR, Selasa (15/9).


Ghani mengatakan berdasarkan pengamatan Perhutani malam tadi, ada tiga titik api baru yang muncul di kaki lereng Argopuro.


Hutan yang terbakar tersebut merupakan kawasan hutan lindung yang dipenuhi dengan ilalang.


Sebelumnya tim penanggulangan kebakaran hutan berhasil memadamkan api yang membakar 10 hektar hutan lindung di petak 23 Kecamatan Curahdami.


Saat ini 10 orang tim pemadam kebakaran sudah menuju lokasi untuk membuat ilaran api atau sekat bakar yang berfungsi memadamkan api secara alami. Ilaran atau juga kerap disebut jalur kuning itu dibuat dengan mengosongkan jalur dari tanaman atau benda apapun yang mudah terbakar.


"Karena tidak mungkin membawa armada pemadam keatas sana, maka paling efektif kami membuat sekat bakar atau ilaran,” imbuhnya.


Editor: Agus Luqman 

  • gunung argopuro
  • Kebakaran Lahan
  • Bondowoso
  • jawa timur
  • kebakaran hutan dan lahan
  • Karhutla
  • pemadaman kebakaran hutan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!