BERITA

Kobar Status Siaga Kabut Asap

Kabut asap tebal mengepung Kota Pangkalan Bun di pagi hari. Asap baru reda sekitar pukul 09.00 WIB/F

KBR, Pangkalan Bun- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyatakan status siaga kabut asap. Kepala BLH Kobar, Fahrizal Fitri mengatakan, penetapan itu berdasar pengamatan secara visual.

Meski demikian, Kata dia, pengukuran kualitas udara sesuai dengan Indek Standar Pencemar Udara (ISPU) belum dilakukan karena kerusakan alat pengukur.

"Kabut asap kita ini belum bisa kita klasifikasikan, sebab untuk klasifikasi itu kan ada ISPU, Indek Standar Pencemar Udara, tapi itu pengukurannya harus menggunakan alat. Alat itu hanya satu di Palangka Raya bantuan JICA dan sampai saat ini alat itu pun kondisinya rusak, sementara berkenaan dengan kualitas tentu secara visual sudah di bawah standar kelayakan," kata Fahrizal saat ditemui KBR di ruang kerjanya, Jumat (4/9/2015).


Fahrizal menambahkan bakal segera berkoordinasi dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. Koordinas diperlukan agar bisa antisipasi maupun penanganan kabut asap tersebut.


Editor : Sasmito Madrim

  • kabut asap
  • kabupaten kotawaringin barat
  • BLH Kobar
  • indeks pencemaran udara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!