Bagikan:

Kabut Asap Makin Pekat, Warga Diimbau Pakai Masker

Jarak pandang sudah berada sekitar 1,5 kilometer dari sebelumnya 2 kilometer.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 18 Sep 2015 11:53 WIB

Kabut Asap Makin Pekat, Warga Diimbau Pakai Masker

Ilustrasi-Anak sekolah terdampak kabut asap. (ANTARA FOTO)

KBR, Balikpapan – Kabut asap yang menyelimuti Kota Balikpapan Kalimantan Timur semakin pekat dari hari-hari sebelumnya. Warga pun diminta untuk tidak melakukan aktifitas diluar rumah jika tidak perlu.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan, Abdul Haris mengatakan, kini jarak pandang sudah berada sekitar 1,5 kilometer dari sebelumnya 2 kilometer.

Kata dia, masyarakat sudah diimbau harus menggunakan masker jika beraktifitas di luar karena rentan terserang penyakit.

“Tapi kalau untuk masyarakat, biasanya kalau seperti sekarang ini sudah dianjurkan menggunakan masker. Walau pun jarak pandang 5 ribu meter sebenarnya sudah dianjurkan gunakan masker karena asap itu sudah ada di sekitar kita. Jadi buat kesehatan, sudah bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.  Kalau normalnya jarak pandang 9 ribu meter bisa lebih,” Kata Abdul Haris, Jumat (18/9).

Dia menambahkan, wilayah di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan hingga Berau Kalimantan Timur kondisi kabut asap makin memprihatinkan karena kecepatan angin rendah. Akibatnya kabut asap masih tertahan.

Berbeda di Kota Balikpapan kecepatan angin cukup tinggi, karena berada di wilayah pesisir. Sehingga kabut asap cepat terbawa angin. Meski demikian, asap terkadang kembali datang terbawa angin dari arah sebaliknya.

Editor : Sasmito Madrim

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih