BERITA

Ini Upaya Banyuwangi Cegah Pemalsuan Data Kesehatan Calon TKI

Ini Upaya Banyuwangi Cegah Pemalsuan Data Kesehatan Calon TKI

KBR, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menyiapkan layanan cek medis (medical check up) bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI). Layanan ini ditempatkan di RSUD Blambangan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan layanan medis itu tak hanya berlaku bagi calon TKI asal Banyuwangi saja, namun seluruh daerah di Jawa Timur.


Tidak berlebihan, karena sistem layanan cek medis TKI itu sudah terkoneksi dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Jakarta.

Apa kelebihan layanan cek medis TKi di Banyuwangi?


Azwar Anas mengklaim cek medis Ini akan memudahkan calon TKI sebelum berangkat kerja ke luar negeri. Selama ini calon TKI harus melakukan pemeriksaan medis di Surabaya atau Jakarta.


Selain meringankan biaya bagi calon TKI, layanan medikal ini bisa menjadi portal dokumen bagi Pemkab Banyuwangi untuk mendata para TKI yang bekerja di berbagai negara.


Hal ini bisa melindungi para calon TKI, agar tidak menjadi korban penipuan atau manipulasi dokumen kesehatan.  


"Selama ini banyak korban TKI kena penipuan macam-macam, mulai soal dokumentasi kesehatan, pemberangkatan dan lain-lain. Ada TKI yang sudah berangkat ke Jakarta, ternyata kondisi kesehatannya dinyatakan tidak memenuhi syarat," kata Abdullah Azwar Anas.


Selain itu, kata Azwar Anas, ada juga pelaku pemeriksa kesehatan yang bekerjasama dengan laboratorium swasta, lalu menyatakan TKI yang diperiksa dalam kondisi sehat.


"Padahal dia sakit, tapi dibikin sehat. Akhirnya ketika sampai di luar negeri baru seminggu dipulangkan lagi, akhirnya jadi korban penipuan," lanjut Abdullah Azwar Anas.


Kepala Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan (LP3) TKI Surabaya Tjipto Utomo mengatakan layanan medical check up di Banyuwangi ini merupakan yang pertama di Jawa Timur, dengan menggandeng rumah sakit milik pemerintah.


Biasanya Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan (BNP2) TKI menunjuk layanan medis swasta untuk memeriksa kesehatan TKI.


LP3 TKI Surabaya berharap calon TKI khususnya yang ada di Banyuwangi bisa memanfaatkan layanan pemeriksaan medis sebelum berangkat. Apalagi, dokumennya terkoneksi langsung dengan pusat.


Selama ini TKI Banyuwangi didominasi wanita dengan tujuan Singapura, Malaysia, Taiwan dan Hongkong.


Editor: Agus Luqman 

  • TKI
  • Buruh migran
  • medical check up
  • pemeriksaan kesehatan
  • banyuwangi
  • jawa timur
  • tenaga kerja

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!